http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 23 Agustus 2016

Ini Dia Permainan Mendidik Anak Jadi Kreatif

Tahukah bunda permainan mendidik anak yang bisa membuat kreatif ini ada banyak macamnya lho! Mendidik anak dengan menggunakan alat peraga memang tidak mudah membuat anak bosan, karena kegiatan ini sangat menyenangkan dan tidak membuat jenuh. Pasalnya permainan yang diberikan pada anak ini bisa memberikan stimulus pada otaknya. Alhasil anak mempunyai daya imajinasi tinggi sehingga bisa menjadi kreatif. Lantas, apa saja permainan yang bisa mendidik anak menjadi kreatif? Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak ulasan berikut ini.

Beberapa permainan mendidik anak jadi kreatif

Blocks

Permainan mendidik anak yang bisa membuatnya menjadi kreatif adalah block. Permainan block ini , yaitu jenis permainan menyusun balok menjadi sebuah bangunan yang diimajinasikan oleh anak. Selain itu juga dalam permainan ini anak diajarkan berhitung banyak benda yang ia gunakan. Untuk membuat anak semakin tertarik menggunakan permainan ini, maka gunakanlah warna-warni pada block tersebut. Hal ini sangat menyenangkan dan tidak cepat membuat anak merasa bosan.

Puzzle

Selain block, permainan mendidik anak jadi kreatif lainnya adalah puzzle. Dalam bermain puzzle membutuhkan koordinasi yang seimbang antara tangan dan mata. Mengapa? karena dalam permainan puzzle dituntut kreatif menyusun kepingan gambar menjadi bentuk utuh. Nah, jika anak mampu menyelesaikan gambar menjadi bentuk utuh akan menjadi kebanggan sendiri baginya. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwasannya dalam memberikan gambar pada anak jangan terlalu rumit sesuaikan dengan usianya, bila gambar yang diberiakn rumit rasa penasaran anak akan sirna. Baca: 3 Trik Hebat Mendidik Anak yang Diajarkan Agama Islami

Kursi musik

Permainan mendidik anak menjadi kreatif selanjutnya, yaitu permainan kursi musik. Mengapa dinamanakan kursi musik? Karena permainan menggunakan musik dan kursi. Kelebihan dari permainan kursi musik ini bisa melatih keterampilan motorik kasar anak. Cara bermainnya menyenangkan dan mudah, yaitu saat anak diputarkan musik ia dipersilahkan untuk menari, namun jika musik yang diputar tadi berhenti anak harus lari mencari tempat duduk. Misalnya dalam satu kelas terdapat 10 murid, maka kursi yang disediakan hanya 9 buah. Bila saat musik berhenti 1 anak tidak mendapatkan tempat duduk, maka ia keluar dari permainan. Hal ini dilakukan sampai tersisa 1 orang anak.

Demikian itu tadi beberapa permainan mendidik anak jadi kreatif. Semoga sedikit ulasan informasi yang kami bagikan bisa menjadi menginspirasi semuanya. Baca: Perkataan yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak
Rating: 4.5