http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 15 Maret 2016

Sistem peredaran darah pada manusia

Sistem peredaran darah pada manusia merupakan sebuah saran yang dugunakan oleh sel-sel yang berada didalam tubuh manusia untuk bertransportasi mendistribusikan zat-zat yang diperlukanoleh tubuh. Sistem peredaran darah pada manuia ada dua jenis, antara lain: sistem peradaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil. 

Sistem peredaran darah merupakan salah satu sistem organ yang terdiri dari organ jantung, pembuluh darah, serta darah. organ Jantung adalah salah satu organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh ke paru-paru yang nantinya akan kembali lagi kepada jantung. Aliran tersebut melibatkan sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil.

Pembuluh nadi memiliki fungsi untuk menghantarkan dan mengalirkan darah dimulai dari jantung yang akan dialirkan keseluruh bagian tubuh, sedangkan pembuluh vena merupakan salah satu bagian pembuluh darah yang fungsinya mengembalikan darah yang sudah mengalir diseluruh tubuh untuk dikembalikan lagi kejantung. Sedangkan pembuluh kapiler merupakan bagian dari pembuluh darah yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara pembuluh nadi dan pembuluh vena. Pembuluh kapiler memiliki ukuran yang paling kecil, kira-kira 7,5 mm.

Jantung merupakan alat yang mendukung sistem peredaran darah pada manusia. Jantung yang dimiliki menusia normalnya memiliki empat ruang, dengan 2 bilik dan 2 serambi. Darah yang dimiliki manusia terdiri dari 3 komponen, yang terdiri dari yaitu eritrosit atau yang lebih dikenal dengan sel darah merah, leukosit atau yang lebih dikenal dengan sel darah putih, dan trombosit yang dikenal dengan keping darah. Ketiga komponen darah ini memiliki perbedaan dalam segi struktur, fungsi dan keunikan masing masing dalam sistem peredaran darah manusia. Baca: Peredaran darah manusia 

Seperti dijelaskan sebelumnya, sistem peredaran darah pada manusia memiliki duamemiliki dua peredaran yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah peredaran darah kecil, karena memiliki 2 jenis peredaran darah, peradaran ini disebut juga dengan peredaran darah ganda. Peredaran ini disebut peredaran darah ganda disebabkan aliran dua arah yang terjadi. Pada sistem peredaran darah kecil, darah yang mengandung karbondioksida mengalir dari jantung menuju ke paru-paru kemudian akan kembali lagi ke jantung dengan membawa oksigen. Setelah itu akan terjadi sistem peredaran darah besar, darah yang mengandung oksigen akan mengalir dari jantung ke seluruh tubuh melewati pembuluh nadi atau arteri kemudian darah akan kembali lagi ke jantung dengan membawa darah yang mengandung karbondioksida melewati pembuluh darah vena atau pembuluh balik. 

Skema sistem peredaran darah pada manusia dapat di lihat pada gambar di atas.

Jantung eritrosit atau sel darah merah Pembuluh darah = Sistem peredaran darah kecil.

Pembuluh nadi Eritrosit Oksigen Zat-zat makanan = Suplai sel dan jaringan Pembuluh vena Eritrosit Karbondioksda Zat sisa dikembalikan ke jantung dan organ eksreksi = sistem peredaran darah besar. Baca: Sistem Transportasi pada Manusia 
Rating: 4.5