http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 13 Maret 2016

Perbedaan NU dan Muhammadiyah

Perbedaan NU dan Muhammadiyah - NU dan Muhammadiyah adalah sebuah organisasi masyarakat yang bergerak pada bidang keagamaan lebih tepatnya sebuah organisasi masyarakat agama Islam yang ada di Indonesia. Kedua organisasi ini adalah organisasi Islam yang ada di beberapa tempat khususnya di kota-kota besar. Seringkali kita mendapatkan atau meliha diberbagai media terjadinya perbedaan prinsip serta tata cara kedua ormas ini dalam melakukan ibadah. Namun sebenarnya keduanya sama-sama menerapkan ajaran Islam yang benar. Banyak orang yang tidak mengerti perbedaan NU dan Muhammadiyah. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan tentang perbedaan NU dan Muhammadiyah, namun sebelum menjelaskan, alangkah baiknya kalau kita mengetahui sejarah berdinya kedua organisasi masyarakat ini. 

Pendiri Muhammadiyah ialah K.H. Ahmad Dahlan, organisasi ini didirkan pada tanggal 18 November tahun1912 di Yogyakarta. Awalnya organisasi Muhammadiyah didirikan dengan tujuan memberikan dukungan pada upaya pemurnian ajaran Islam yang pada saat itu identik dengan hal – hal mistik. Awalnya Muhammadiyah hanya ada di di daerah-daerah karesidenan, seperti Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Namun, saat ini persebarannya ada di berbagai daerah. 

Sedangkan NU didirikan pada tanggal 31 Januari tahun 1926 di Surabaya oleh K.H. Hasyim Asy'ari. awalnya NU hanya bergerak pada bidang- bidang tertentu seperti sosial, pendidikan dan ekonomi.

Perbedaan NU dan Muhammadiyah terletak pada hal dalam menyikapi sebuah masalah yang terjadi didalam kehidupan. Muhammadiyah akan melihat terlebih dahulu apakah pada Al-Quran ada dalil yang membahas mengenai persoalan yang muncul atau tidak. Jika di dalam Al-Quran tidak ada dalil yang membahas mengenai persoalan tersebut, maka Muhammadiyah akan mengkaji mengenai persoalan tersebut sesuai dengan pemikiran dan melihat dalil – dalil yang masih ada kaitannya dengan persoalan tersebut . Sedangkan, NU akan dikaji setiap masalah yang terjadi terlebih dahulu, setelah itu melihat dalil-dalil tekait yang ada didalam Al-Quran

Ada banyak sebab yang yang menjadi latar belakang berdirinya organisasi masyarakat NU. Salah satunya adalah perkembangan serta pembaharuan dari pemikiran Islam yang mengingikan pelarangan amaliah dari kaum Sunni, agar umat Islam di Indonesia dapat kembali pada ajaran Islam yang sesungguhnya. 

Paham yang dianut oleh oraganisasi masyarakat NU ialah Ahlussunah waljama'ah, yang merupakan suatu pola pikir yang dipilih untuk menjadi jalan tengah antara rasionalis dengan skripturalis. Maka dari itu oragnisasi masyarakat Nu bersumber tidak hanya melihat dari al-Qur'an dan sunnah saja, akan tetapi juga bersumber dengan menggunakan akal realitas yang empirik. Selain itu oragnisasi masyarakat NU ini juga bersumber pada ilmu fiqih yang cenderung mengikuti dan melihat mazhab imam Syafi'i namun tetap mengakui adanya tiga madzhab lainnya, seperti madzhab imam Hanafi, madzhab imam Maliki, dan madzhab imam Hanbali. Sementara pada ilmu tasawuf, NU menggunakan metode Al-Ghazali serta Junaid Al-Baghdadi. Baca: Pengertian ijtihad 
Rating: 4.5