http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 11 Maret 2016

Perbedaan Massa dan Berat


Perbedaan Massa dan Berat
- Bagi sebagian orang awam, makna massa dan berat sering beranggapan bahwa kedunya merupakan hal yang sama. Kedua istilah tersebut memang merupakan sifat benda. Namun, didalam ilmu fisika kedua istilah tersebut adalah sesuatu yang sangat jelas berbeda. Untuk mengetahui perbedaan massa dan berat, terlebih dahulu kita memahami pengetian diantara keduanya. Massa sebenarnya merupakan usaha benda dalam mempertahankan kondisinya pada saat bergerak maaupun pada saat tidak bergerak atau diam. Sedangkan berat merupakan sebuah efek yang timbul ketika gaya gravitasi bumi mempengaruhi massa suatu benda. perbedaan massa dan berat bahwa Massa lebih memiliki sifat yang konstan dibandingkan dengan berat yang hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. 

Contohnya, Seseorang yang berada dekat dengan titik dimana medan magnet bumi berada akan memiliki berat yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seseorang yang jauh dari medan magnet bumi. Contoh lainnya seorang astronout yang sedang di angkasa, ia akan melayang-layang seperti tidak memiliki berat, hal ini dikarenakan tidak adanya pengaruh dari gaya gravitasi bumi di angkasa. Sedangkan Massa akan tetap sama dimanapun benda yang memiliki massa tersebut berada. Massa bola besi akan tetap sama meskipun bola besi tersebut dibawa kutub atau ke puncak gunung. 

Massa juga dapat mengartikan adanya sebuah ruang yang pada benda, sedangkan berat hanya terbatas pada implikasi yang berasal dari beban benda ada kaitannya dengan gaya gravitasi bumi. Berat mempunyai rumus yaitu berat benda merupakan perkalian antara massa benda denga percepatan gay gravitasi bumi. Sedangkan Massa benda merupakan volume dari benda itu sendiri. Hal tersebut tentu menjadi hal yang perlu dipahami, bahwa percepatan dari gaya gravitasi bumi turut mempengaruhi berat dari suatu benda. Dari pejelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa massa memilki sifat yang tetap dan tidak dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Sedangkan berat sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi sehingga dapat berubah-ubah, tergantung dimana benda itu berada. 

Jika anda belum dapat memahami perbedaan massa dan berat, berikut bebebrapa perbedaan lain yang dapat terlihan pada masa dan berat: : 
Massa tidak dapat dimusnahkan atau diubah di mana pun ia berada, massa akan tetap sama, sedangkan berat akan berubah tergantung dari gaya grafitasi bumi. 
Massa tidak akan pernah menjadi nol. Sedangkan berat akan menjadi nol apabila tidak ada gaya grafitasi bumi misalnya saja di angkas. 
Massa tidak ada kaitannya dengan gaya gravitasi bumi, sedangkan berat sangat berpengaruh pada gaya grafitasi bumi 

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan massa pada suatu benda dalam kg sering dianamakan sebagai berat. Namun sebenarnya nilai ini merupakan satuan non-Sistem Internasional. Baca: Contoh Soal Hukum Archimedes 

Rating: 4.5