http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 07 Maret 2016

Perbedaan Internet dan Intranet


Perbedaan Internet dan Intranet
- saat ini teknologi semakin canggih dan berkembang cangkupannya sangat meluas dikalangan masyarakat. Teknologi seolah menjadi hal pokok yang wajib dimiliki manusia di era global ini. Selain dapat menambah pemngetahuan, teknologi juga dapatmenciptakan komunikasi yang jangkauannya sangat luas dan tidak terbatas ruang dan waktu. Sebut saja yang lagi trend saat ini adalah internet, yang mana telah menjadi salah satu perangkat penting yang dihubungkan dengan sstem komunikasi. Namun ternyata selain internet, ternyata ada teknologi yang serupa dengannya, yatu intranet. Mungkin banyak yang belum mengetahui atau belum pernah mendengar sama sekali apa itu intranet dan apa perbedaan internet dan intranet. Bagi orang-orang yang ahli di bidang IT tentu sudah tidak asing lagi dengan keduanya. Berbeda dengan orang awam yang mungkin belum pernah mengetahui apa itu intranet. Disini saya akan mejelaskan tentang perbedaan internet dan intranet.

Pada dasarnya perbedaan pada internet dan intranet terletak pada jangkauan, internet memiliki cangkupan jangkauan yang relatif lebih luas daripada intranet. Berikut penjelasan mengenai perbedaan internet dan intranet: 

Internet 

Internet atau didalam dunia It leih dikenal denga “”interconnection networking” merupakan sebuah jaringan komunikasi yang cangkupan jangkauannya relatif sangat luas, bahkan dapat menjangkau seluruh dunia. Jaringan komunikasi internet dapat bekerja atau beroperasi karena dihubungkan oleh sebuah system yang dikenal dengan TCP atau IP yaitu sebuah Internet Protokol. Karena kinerja dari TCP atau IP tersebut membuat Jjaringan interne tidak memiliki batas sehingga dapat digunakan oleh siapa saja, dimakana saja dan kapan saja dengan syarat teknologi yang digunakan terhubung dengan jaringan provider Internet.

Dengan adanya system internet yang dapat menjangkau dunia, kita dapat berhubungan dengan orang dibelahan bumi manappun walaupun kita tidak mengenal orang-orang tersebut, selain itu kita juga dapat mengetahui keadaan suatu negara yang jauh darii negara kita, baik keadaan iklim, ekonomi, tragedi bahkan politiknya. Internet juga dapat membuah Ppengiriman data dapat dilakukan secara cepat tanpa harus pergi ketempat yang dituju atau kantor pos., dalam waktu beberapa detik saja, data sudah dapat diterima oleh penerima data. 

Intranet 

Secara intranet berasal dari bahasa Inggris yaitu "intra" yang artinya didalam dan "network" yang artinya sebua jaringan. Secara tidak langsung intranet memiliki arti yaitu sebuah jaringan yang ada didalam, kata didalam disini dapat diartika hanya dapat diakses oleh perangkat yang terbatas seperti sekolah atau kantor. Pada dasarnya intranet dibuat dengan sengaja agar hanya dapat digunakan atau diakses oleh bebberapa orang disuatu tempat atau nstansi. Misalnya anggota atau karyawan yang dapat mengakses intranet. Intranet berisi informasi-informasi tertentu dan terbatas yang dirasa sangat penting sehingga tidak dapat dijangkau secara bebas. 

Intranet merupakan suatu jaringan komunikasi yang penggunaannya lebih sempit jika dibandingkan dengan internet, hal ini dikarenakan hanya sebagian orang saja yang dapat mengases intranet. Baca: Tips Belajar Bahasa Inggris
Rating: 4.5