http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 05 Maret 2016

Perbedaan Fakta dan Opini

Perbedaan Fakta dan Opini - Tentunya bagi orang yang mengguluti dunia jurnalistik tidak asing lagi dengan istilah fakta dan opini. Orang awam mungkin hanya familiar dengan penggunaan kata fakta, namun bagaimana dengan opini, apa perbedaan fakta dan opini? Istilah ini dulu sering kita dengar dimata pelajara bahasa Indonesia, tapi bagi anda yang sudah lupa dan penasaran tentang definisi diantara keduanya dan apa perbedaan fakta dan opini, disini saya akan menjelaskannya kembali agar membantu anda memahami fakta dan opini. Berikut penjelasannya: 


Perbedaan fakta dan opini dilihat dari pengertiannya 
  • Fakta adalah suatu kejadian atau keadaan yang sebenarnya terjadi, adanya suatu peristiwa yang tidak dibuat-buat. Didalam fakta ada keterangan tentang 5 W + 1 H yaitu what, when, why, who, where, dan how yang berisi tentang peristiwa apa yang terjadi?, kapan peristiwa itu terjadi?, mengapa peristiwa tersebut terjadi?, siapa yang terlibat didalam peristiwa tersebut? Dimana peristiwa tesebut terjadi dan tyang terakhir mengapa peristiwa tersebut terjadi?. Jadi, fakta merupakan sebuah kejadian suatu hal yang benar-benar nyata adanya dan tidak dibuat-buat kebenarannya, fakta merupakan suatu keadaan terjadi secara nyata sera dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan kebenarannya. Fakta memerlukan pembuktian tentang kebenaran yang disampaikan oleh si penyampai fakta. Fakta dapat ditangkap oleh indra manusia serta dapat diukur dan dilihat secara kualitatif.
  • Sedangkan opini merupakan sebuah pendapat yang merupakan hasil dari pandangan atau anggapan seseorang pada suatu peristiwa atau keadaan yang sedang terjadi, misalnya mengenai permasalahan tertentu. Setiap orang yang tidak terlibat dapat memberika pendapat mengenai hasil dari pengamatannya terhadap fakta yang terjadi, namun karena tidak benar-benar terlibat pada peristiwa yang sedang terjadi pendapat yang muncul dapat saja berbeda-beda, itulah yang dinamakan opini. Jadi secara garis besar opini merupakan suatu hasil dari pengamatan, pemikiran, ide atau perasaan yang yang disampaikan oleh seseorang mengenai suatu peristiw atau keadaan yang pendapatnya bersifat subjektif serta belum dapat disahkan tentang kebenaran dari peristiwa tersebut.
Perbedaan fakta dan opini dilihat dari ciri-cirinya
  • Ciri-ciri fakta antara lain: fakta memiliki sifat yang sangat objektif seta dapat teruji kebenarannya atau telah diuji dan dibuktikan didepan umum tentang keadaan yang sebenar-benarnya terjadi, fakta memiliki data yang sangat akurat yang dapat menjadi pendukung mengenai kebenaran fakta, dan ciri –ciri yang terakhir adalah fakta telah dilihat dan ditoton oleh masyarakat luas tentang kejadian sebenarnya, jadi ada sekelompok besar orang yang melihat dan menguji secara langsung tentang keadaan tersebut yang sebenarnya. 
  • Sedangkan ciri-ciri opini antara lain: opini bersifat sangat subjektif karena hanya dapat melihat dari sudut pandang orang yang memberikan pernyataan tentang suatu keadaan dan belum dibuktikan atau belum diuji tentang kebenaran kejadian yang sebenarnya, opinni juga tidak memiliki keakuratan data yang dapat menjadi pendukung mengenai kejadian yag sebenarnya dari suatu peristiwa, dan yang terakhir opini dapat dikatakan sebelum suatu kejadian tejadi atau hanya melalui sebuah ide, pemikiran atau tentang spekulasi-spekulasi yang kemungkinan dapat terrrjadii dan dapat tidak terjadi. 
Perbedaan fakta dan opini dilihat dari contohnya 

Rating: 4.5