http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 03 Maret 2016

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan Cuaca dan Iklim - Istilah-istilah mengenai cuaca dan iklim sering kita jumpai dibuku georgrafi, yang kita pelajari saat masih sekolah, namun tahukah anda perbedaan cuaca dan iklim, karena kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda, walaupun sama-sama berkaitan dengan panas, mendung, hujan ataupun berawan. 

Setiap negara memiliki musim yang berbeda-beda, ada yang memmiliki 4 musim dan ada yang memiliki 2 musim. Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara yang memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim pancaroba. Sedangkan negara lain yang 4 musim diantaranya musim panas, musim salju, musim semi dan musim gugur. Musim ini sangat dipengaruhi oleh letak suatu negara, yang mana sangat dapat mempengaruhi iklim dan cuaca suatu daerah atau negar. Lalu, apa perbedaan cuaca dan iklim? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan cuaca dan iklim, berikut penjelasannya. 

Pengertian Cuaca

Cuaca adalah suatu keadaan dari sebuah udara pada suatu tempat atau daerah yang jankaunnya relatif sempit dan dalam waktu singkat, hal ini dikarenakan unsur dari cuaca yang tidak tetap dan selalu berubah-ubah. Cuaca sendiri terdiri dari keseluruhan fenomena yang dapat terjadi didalam atmosfer bumi pada bagian-bagain tertentu di bumi. Pada umumnya cuaca merupakan suatu aktivitas sebuah fenomena yang dapat terjasdi dalam beberapa waktu atau beberapa hari. Cuaca dapat terjadi dikarenakan oleh suhu serta kelembaban yang berbeda-beda antara suatu tempat dimuka bumi. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat terjadi disebabkan oleh sudut dari pemanasan matahari yang memberikan suhu yang berbeda-beda antara suatu tempat dengan tempat yang lain. Biasanya cuaca dapat terjadi dalam waktu singkat dan bahkan dapat dirasakan perubahannya dari menit ke menit. Cuaca yang biasa kita lihat misalnya saja ketika langit sedang cerah, kemudian berubah menjadi mendung dan digantikan oleh hujan lalu hujan akan mereda dan panas matahari akan terasa kembali. 

Pengertian Iklim 

Iklim merupakan suatu keadaaan rata-rata dari sebuah peristiwa cuaca yang biasa terjadi pada suatu daerah atau suatu tempat yang cangkupannya lebih luas dibandingkan cuaca. Keadaan dari suatu musim yang terjadi dalam waktu yang relatif lama dapat dikategorikan sebagai iklim. Iklim memiliki unsur-unsur yang biasanya bersifat stabil dan terjadi berulang-ulang pada suatu waktu yang panjang, dapat terjadi berbulan-bulan. Iklim ini sendiri dipengaruhi oleh suatu letak dari matahari dalam menyinari bumi. Selain itu, iklim juga dipengaruhi oleh ketinggian dari suatu daerah serta letak daerah pada geografis bumi juga. Misalnya, dataran tinggi atau pegunungan memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan dengan dataran rendah atau pesisir. 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan cuaca dan iklim terletak pada rentan waktu dan jangkauan tempat diantara keduanya. Iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca suatu daerah yang cangkupanya lebih luas dan dalam rentang waktu yang relatif cukup lama. Baca: Pengertian dan dampak pemanasan global
Rating: 4.5