http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 10 Februari 2016

Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi - Menurut Sukirno (1996), "pengertian pembangunan dan pertumbuhan ekonomi memiliki arti yang berbeda, pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan proses yang terjadi dalam upaya menaikkan output perkapita yang terjadi secara terus menerus dalam waktu yang reelatif lama". Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikasi terjadinya keberhasilan pembangunan. semakin tinggi pertumbuhan ekonomi maka akan semakin tinggi pula pembangunan ekonominya.

Pengertian pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses perubahan untuk menuju masa yangg dinilai lebih baik yang dilakukan secara terencana dalam upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat suatu negara. Pada umumnya, pembangunan ekonomi didefinisikan sebagi usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan per kapita dengan memperlihatkan pertumbuhan dari penduduk di suatu negara. Faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi terdiri dari modal fisik yang didalamnya meliputi: modal, sdm, sda, dan kewirausahaan atau entrepreneurship.

Faktor Non Ekonomi seperti faktor politik, sosial, dan faktor administratif. misalnya saja etos kerja kerja masyarakat dan etos kerja pemerintah, keamanan negara, kemudahan layanan birokrasi dan lain sebagainya. Tujuan pembangunan ekonomi diantaranya yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memperluas pilihan ekonomi dan sosial, memperluas kesempatan kerja, memperluas distribusi kebutuhan pokok, memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan pemahaman nilai budaya, dan masih banyak lagi. Baca: Pengertian dan Jenis - Jenis Pengangguran

Sedangkan pengertian pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan jumlah produksi barang maupu jasa pada sebuah negara. Pada umumnya pertumbuhan menggambarkan tingkat pengembangan pada sektor prodduksi. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi diantaranya adalah SDM atau sumber daya manusia yang berpotensi, SDA atau sumber daya alam, IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi, nilai sosial budaya, keadaan politik, sistem pemerintahan. Misalnya saja akuntan, insinyur, arsitek dan lai sebagainya. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi anatara lain yaitu:

Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi
Merupakan sebuah proses yang dilakukan sebgaai upaya untuk menuju kebaikan
naiknya jumlah produksi suatu produk perkapita secara terus menerus
Memperhatikan penadatan atau upah yang merata
Pendapatan atau upah yang didapat tidak merata
Memperhatikan penduduk yang bertambah pada suatu negara
pertambahan penduduk tidak diperhatikan atau tidak menajdi pertimbangan
Berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya
Belum tentu dibarengi dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat

Persamaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi diantaranya. Baca: Teori Pertumbuhan Ekonomi 
  • Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi merupakan kecenderungan pada bidang ekonomi. 
  • Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi selalu berjalan bersamaan 
  • Setiap input pada pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mampu menghasilkan output yang lebih banyak. 
  • Pokok permasalahan akhir pada pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah besarnya pendapatan perkapita. 
  • Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi menjadi tanggung jawab pemerintah namun pada pelaksanaannya memerlukan dukungan rakyat.
  • Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi sama-sama berdampak kepada kesejahteraan rakyat. Baca: Indikator Keberhasilan Pertumbuhan Ekonomi 
Rating: 4.5