http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 08 Februari 2016

Pengertian Koagulasi dan Fibrinogen

Pengertian Koagulasi dan Fibrinogen - Koagulasi merupakan sebuah proses perubahan yang dialami oleh cairan yang ada didalam darah menjadi gumpalan-gumpalan yang lunak baik penggumpalan secara keseluruhan ataupun penggumpalan yang terjadi hanya sebagian. Jadi, dengan kata lain, koagulasi merupakan sebuah proses penggumpalan yang terjadi pada suatu cairan ataupun larutan sehingga akan terbentuk padatan yang lunak seperti gel. Pada kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI pengertian koagulasi adalah hal yang memiliki hubungan dengan keadaan yang dapat menjadi agak keras ataupun padat dari bentuk sebelumnya, baik keadaan secara keseluruhan maupun keadaan secara sebagian sebagai akibat dari perubahan keadaan kimiawi.

Contoh peristiwa koagulasi yang paling mudah diasumsikan misalnya mengeraskan telur dengan cara di panaskan, proses penggumpalan darah saat terjadi pendarahan yang diakibatkan oleh luka sehingga membuat darah mengalir keluar dari bagian tubuh tertentu, proses pengerasan yang terdapat pada protoplasma, atau menggumpalnya susu yang telah basi dan kadaluarsa, serta masih banyak lagi contoh lainnya.untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan tentang pengertian koagulasi.

Pengertian Koagulasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya peristiwa koagulasi seringkali dapat kita temukan didalam kehidupan kita sehari-hari. seperti saat kita memasak telur, membuat adonan roti, terkadang tanpa kita perhatikan prosesnya bahan-bahan tersebut mengalami peristiwa koagulasi baik yang disebabkan karena proses fisika maupun yang dikarenakan proses kimia. Seperti saat seseorang akan memproduksi tahu, pertama akan dilakukan proses penggumpalan dari susu kedelai sehingga dapat menjadi gumpalan-gumpalan padat yang berkuran kecil sebelum akhirnya mengalami proses pengpressan sehingga dapat berbentuk dan berubah menjadi tahu yang biasa kita konsumsi, hal ini merupakan sebuah proses koagulasi. Baca: Fungsi Peredaran Darah Manusia

Di dalam ilmu pengetahuan kimia, proses koagulasi selalu dikaitkan dengan sistem koloid. didalam dunia kedokteran, koagulasi dikaitkan dengan darah. dialam dunia kuliner koagulasi dikaitkan dengan masakan yang biasanya dapat dijadikan contoh paling mudah dipahami dalam peristiwa koagulasi. peristiwa koagulasi tidak akan terjadi dengan sendirinya, akan ada faktor-faktor yang dapat menyebabkan peristiwa koagulasi itu akan terjadi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas peristiwa koagulasi yang berkaitan dengan dunia kedokteran dan kesehatan, yang biasanya dikaitkan dengan peristiwa penggumpalan yang terjadi pada darah.penggumpalan yang terjadi pada darah biasanya akan terjadi apabila tubuh mengalami cedera yang membuat pembuluh darah rusak, sehingga membuat darah yang ada didalam pembuluh darah memancar keluar. proses ini tak lepas dari peran fibrinogen.

Pengertian Fibrinogen

Pengertian fibrinogen yaitu merupakan sebuah protein yang mudah larut, merupakan satu-satunya komponen dalam terjadinya peristiwa koagulasi didalam tubuh. fibrinogen disintesis oleh organ hati dan akan dilepaskan ke dalam aliran darah pada pembuluh darah. setelah itu fibrinogen akan diubah menjadi benang fibrin yang merupakan protein terlarut, yang akan diubah oleh sebuah trombin atau enzim dalam tahap terakhir dari pembekuan darah yang terjadi. sehingga benang fibrin dapat bekerja maksimal dalam menutupi luka dan membuat pendarahan dapat berhenti. fibrinogen dalam plasma darah yang normal berkisar 2-4 g atau 4-6 g. Baca: Peredaraan darah ganda dan jantung
Rating: 4.5