http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 20 Februari 2016

Jenis - Jenis Batuan

Jenis - Jenis Batuan - Kulit bumi terdiri atas zat padat yang dinamakan batuan. Bumi tersusun dari berbagai jenis batuan Batuan yang tersusun dikulit bumi ini mempunyai jenis dan sifat yang berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan prses terjadinya cara pembentukan batuda jika dilihat dari kedua komonen tersebut, jenis-jenis batuan diklasifikasikan kedalam tiga jenis yaitu: batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. 

Pada mulanya semua batuan berbetuk magma yang merupakan benda cair, berpijar dan panas bersuhu diatas 1000˚C. Magma keluar melalui puncak gunung berapi, magma aka mengalami pembekuan jika sudah mencapai permukaan bumi. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Batuan beku yang ada dimuka bumi setelah sekian lamma dapat hancur dan terurai karena sebab. Selanjutnya batuan beku yang telah hancur akan tersebar karena terbawa oleh air atau sebab lain dan akan terjadi endapan. Hancuran batuan beku yang telah diendapkan dinamakan batuan sedimen. Seiring bertambahnya masa batuan-batuan tadi akan mengalami perubahan bentuk yang dikarenakan oleh perubahan temperatur dan karena adanya tekanan.baik batuan beku mapun batuan sedimen yang mengalami perubahan bentuk disebut batuan metamorf. berikut penjelasan megenai jenis-jenis batuan:
  • Batuan beku 
Batuan beku merupakan saah satu jenis batuan yang berasal dari magma yang mendingin dan mengeras, Magma ini berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi. Umumnya, proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses berikut: kenaikan temperatur, penurunan tekanan, atau perubahan komposisi. Baca: Jenis dan Contoh Batuan Beku
  • Batuan sedimen
Batuan sedimen atau yang lebih dikenal dengan batuan endapan merupakan salah satu jenis batuan yang terbentuk melalui tiga cara antara lain: pelapukan yang berasal dari batuan lain atau yang dinamakan dengan clastic, pengendapan yang diakibatkan oleh aktivitas biogenik atau yang dinamakan dengan deposition, dan pengendapan yang diakibatkan oleh adanya engaruhdari larutan atau yang dinamakan dengan precipitation. Contah batuan sedimen atau batuan endaan misanya seperti; batu pasir, batu kapur, dan lempung yang terbentuk akibat dari pengendapan materi hasil erosi. Sekitar 80% permukaan bumi tertutupi oleh batuan sedimen. 
  • Batuan metamorf
Batuan metamorf atau yang lebih dikenal dengan batuan malihan merupakan salah satu jenis batuan utama yang merupakan hasil transformasi dari tipe batuan yang telah ada sebelumnya tau yang dinamakan protolith. Protolith yang mendapat pengaruh panas lebih dari 150°C) maka akan mengakibatkan batuan mengalami perubahan fisika. Perubahan inilah yang dinamakan batuan metamorf atau batuan malihan Beberapa contoh batuan metamorf atau batuan maliihan misalnya saja seperti batu marmer, batu sabak, gneis, dan skist. Batuan metamorf atau batuan malihan menyusun sebagian besar kerak Bumi. Baca: Contoh Batuan Sedimen dan Metamorf 
Rating: 4.5