http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 18 Februari 2016

Jenis dan Contoh Batuan Beku

Jenis dan Contoh Batuan Beku - batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari hasil pembentukan magma dan lava yang telah membeku. Magma merupakan batuan cair yang sangat panas letaknya berada di dalam perut bumi sedangkan lava ialah magma yang keluar ke permukaan bumi. Magma yang telah mendingin akan menjadi beku dan memadat, bentuk inilah yang disebut sebagai batuan beku. Batuan beku terbentuk melalui proses kristalisasi maupun tanpa melalui proses kristalisasi, yang dapat terjadi dibawah tanah maupun diatas permukaan tanah. Batuan beku terbagi kedalam beberapa jenis batuan. Berikut beberapa jenis dan contoh batuan beku:


Batuan beku dilihat dari tempat pembekuannya, antara lain

  • Batuan beku plutonik
  • Merupakan batuan yang berasal dari magma yang membeku yang prosesnya terjadi jauh di dalam dasar bumi dan hanya terdiri dari kristal saja. Untuk mendapatkan pengkristalan yang sempurna proses pembekuan ini terjadi dalam waktu yang relatif sangat lama. Contoh batuan beku plutonik: batu diorit, batu syenit, batu gabbro, dan batu granit.
  • Batuan beku korok
Merupakan salah satu jenis batuan beku yang berasal dari magma yang membeku di dalam korok bumi, yang letaknya berdekatan dengan pemukaan bumi yang membuat proses pendinginan terjadi lebih cepat. Namun pembetukan dari pengkristalan batuan tidak terlalu sempurna. Contoh batuan beku korok misalnya: batu profir granit, batu profir syenit, batu profir gabbro, dan batu granit fosfir. Baca: Tenaga Endogen
  • · Batuan beku vulkanis
Merupakan salah satu jenis batuan beku yang berasal dari magma yang yang keluar ke permukaan bumi, proses pendinginan pada batuan ini terjadi dengan sangat cepat sekali. Contoh batuan beku vulkannis: batu andesit, batu rhyolit, batu trachit, batu obsidian, batu basalt, dan batu apung.

Batuan beku dilihat dari kandungan SiO2 antara lain yaitu:

  • Batuan beku ultra basa : merupakan batuan beku yang kandungan SiO2nya kurang dari 45 persen. Contoh batuan beku ultra basa yaitu batu basalt.
  • Batuan beku basa : merupakan batuan beku yang kandungan SiO2nya antara 45 persen sampai 52 persen. Contoh batuanbeku basa yaitu batu andesit.
  • Batuan beku intermediate : merupakan batuan beku yang kandungan SiO2nya antara 52 persen sampai 66 persen. Contoh batuan beku intermediate yaitu batu dasit.
  • Batuan beku asam : merupakan batuan beku yang kandungan SiO2nya lebih dari 66 persen. Contoh batuan beku asam yaitu batu riolit. Baca: Jenis - Jenis Batuan
Berikut penjelasan lebih rinci mengenai contoh batuan beku:

  • Batu Apung yang terbentuk melaui pendinginan magma yang bergelembung. Memilki ciri-ciri yaitu berpori-pori, warna keabu-abuan, ringan, bergelembung, terapung dalam air. Kegunaan batu apung yaitu untuk mengamplas kayu, isolator temperatur tinggi sebagai bahan filter, dan lain-lain.
  • Batu obsidian yang terbentuk dari lava yang mendingin. Memilki ciri-ciri yaitu hitam, tidak ada kristal-kristal dan seperti kaca. Guna dari batu obsidian ini antara lain untuk alat pemotong dan kerajinan

Itulah beberapa jenis dan contoh batuan beku yang dapat dijelaskan pada artikel ini semoga bermanfaat. Baca: Contoh Batuan Sedimen dan Metamorf 
Rating: 4.5