http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 04 Februari 2016

Indikator Keberhasilan Pertumbuhan Ekonomi

Indikator Keberhasilan Pertumbuhan Ekonomi - pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang berbeda dengan pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu bagian dari pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses kenaikan kapasitas dari produksi suatu perekonomian yang dapat dilihat dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional dari suatu negara dan dapat dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika terjadi peningkatan dari GNP yang riil dari negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi meruapakan salah satu indikasi terjadinya keberhasilan pembangunan ekonomi didalam suatu negara.

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor penting yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengurangi kemiskinan, selain itu pertumbuhan ekonomi juga dapat menghasilkan sumber daya yang diperlukan untuk pertumbuhan serta pembangunan ekonomi. Berikut indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi:

· Indikator pertama yaitu PDB atau Produk Domestik Bruto: PDB atau Produk Domestik Bruto merupakan jumlah barang dan jasa akhir yang telah dihasilkan dan telah dinyatakan dalam harga pasar. Kelemahan dari PDB atau Produk Domestik Bruto yaitu sifatnya yang global dan tidak dapat mencerminkan kesejahteraan penduduk. Baca: Pengertian dan Jenis - Jenis Pengangguran

· Indikator kedua yaitu PDB atau Produk Domestik Bruto perkapita atau pendapatan perkapita: PDB atau Produk Domestik Bruto perkapita adalah ukuran yang lebih tepat untuk dijadikan sebagai ukuran keberhasilah pertumbuhan ekom, hal ini dikarenakan PDB atau Produk Domestik Bruto telah memperhitungkan jumlah penduduk. Jadi ukuran dari pendapatn perkapita dapat dilihat dari PDB atau Produk Domestik Bruto dibagi dengan jumlah penduduk. Jika pendapatan Negara tinggi maka menandakan pertumbuhan ekonominya juga cepat atau tinggi tbegitupun sebaliknya jika pendapatan suatu negara berada di bawah rata – rata atau dapat dikatakan rendah maka pertumbuhan ekonominya juga secara otomatis akan rendah.

· Indikator ketiga yaitu pendapatan kerja perjam: Suatu negara dapat dikatakan maju jika tingkat pendapatan kerja atau upah kerja perjam dari masyarakatnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat pendapatan kerja atau upah kerja perjam di negara lain dengan membandingkan jenis pekerjaan yang sama.

Indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi yang telah dijelaskan diatas dapat berdampak pada kehidupan masyarakat suatu negara. Semua indikator-indikator tersebut dapat berpengaruh pada kesejahteran dari masyarakat luas. Oleh karena negara harus terus berusaha memajukan pendapatan dari masyarakat dan pendapatan dari negara itu sendiri dengan cara menaikkan harga –harga kebutuhan pokok masyarakat seperti dalam segi papan, sandang, pangan, karena semua hal tersebut dapat menjadikan tingkat perekonomian kita lebih baik lagi.

Sedangkan pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dapat menghasilkan berbagai macam kemajuan dari berbagai segi yang cukup berarti. Untuk mengukur suatu keberhasilan pembangunan ekonomi, ada beberapa indikator-indikator yang dapat digunakan sebagai patokan, diantaranya yaitu:

· GNP atau Pertumbuhan Gross National Product

· Pendapatan perkapita

· Indeks Kualitas Hidup serta Indeks Pembangunan Manusia. Baca: Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi
Rating: 4.5