http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 16 Februari 2016

Contoh Batuan Sedimen dan Metamorf

Contoh Batuan Sedimen dan Metamorf - batuan sedimen dan batuan metamorf termasuk kedalam jenis batuan yang ada bumi. Batuan sedimen merupakan jenis batuan yang tercipta akibat dari proses pengendapan. Batuan sedimen dapat terbentuk sendiri maupun terbentuk dari batuan beku. Batuan ini terbentuk akibat dari adanya pengendapan batuan-batuan kecil akibat erosi atau pelapukan. Pada awal pembentukannya batuan ini lunak dan akhirnya akan menjadii keras karena adanya proses pembatuan yang lama. Berikt beberapa contoh batuan sedimen:

Pembentukan batuan sedimen jika dilihat dari tanaga pengendapannya:
  • Batuan sedimen aeolis atau aeris: merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan angin. Contoh batuan sedimen aeolis atau aeris: tanah tuf, tanah loss, dan gurun pasir.
  • Batuan sedimen glasial : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan es atau gletser. Contoh batuan sedimen glasial : moraine.
  • Batuan sedimen aquatic : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan air. Contoh batuan sedimen aquatic: breksi, batu pasir, konglomerat.
  • Batuan sedimen marine : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan air laut.
Pembentukan batuan sedimen jika dilihat dari tempat pengendapannya:
  • Batuan sedimen teristis : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan di darat.
  • Batuan sedimen lakustre atau limnis: merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan di danau. Contoh batuan sedimen lakustre atau limnis: tanah liat danau dan tuff danau .
  • Batuan sedimen continental atau marine : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan di laut. Contoh bauan sedimen continental atau marine : tanah merah, tanah loss, dan tanah gurun pasir.
  • Batuan sedimen fluvial : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan di sungai.
  • Batuan sedimen glacial : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pengendapan di tempat yang bersalju. Baca: Jenis dan Contoh Batuan Beku 

Pembentukan batuan sedimen jika dilihat dari cara pengendapannya:
  • Batuan sedimen klastis : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya pelapukan atau erosi. Contoh batuan sedimen klastis: batuan pasir dan breksi.
  • Batuan sedimen kimia atau khemis : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya proses pelapukan kimiawi. 
  • Batuan sedimen organis : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat dari adanya kumpulan jasad renik yang kemudian menjadi batuan. 
  • Batuan yang terbentuk karena pengikisan : merupakan salah satu jenis batuan sedimen yang terbentuk akibat terbawa oleh air atau tiupan angin. Baca: Jenis - Jenis Batuan

Sedangkan batuan metamorf merupakan batuan yang mengalami perubahan fisik yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti faktor tekanan, faktor suhu, dan faktor waktu. Batuan metamorf yang terbentuk dapat berasal dai jenis batuan mana saja. Batuan metamorf yang berasal dari batuan beku contohnya : batu gneis yang awalnya merupakan batu granit yang merupakan salah satu macam batuan beku. Sedangkan batuan metamorf yang berasal dari batuan sedimen cotohnya batu marmer yang awalnya adalah batu kapur. Adapun contoh batuan metamorf lainnya yaitu seperti: batuan metamorf kontak, batuan metamorf dinamo, batuan metamorf kontak pneumatalitis, batuan pualam, batuan sabak, gneiss (ganes), sekis, kuarsit , milonit dan masih banyak lagi. Baca: Tenaga Endogen 
Rating: 4.5