http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 14 Februari 2016

Ciri - Ciri Negara Demokrasi

Ciri - Ciri Negara Demokrasi - Demokrasi pada umumnya dipakai untuk menggambarkan tentang kebebasan berbicara, sistem yang melibatkan pemilu multipartai, pemerintahan perwakilan, dan lain sebagainya. Demokrasi meruapakan bentuk pemerintahan yang mengangap semua warga negaranya setara. Demokrasi mengizinkan masyarakatnya untuk ikut berpartisipasi baik secara langsung maupunsecara tidak langsung yaitu perwakilan untuk merumuskan, mengembangkandan pembuatan hukum. Demokrasi meliputi ekonomi, kondisi sosial, dan budaya yang dapat memicu adanya praktik kebebasan politik. 

Kata demokrasi ini berasal dari kata didalam bahasa Yunani yaitu δημοκρατία atau yang dibaca dēmokratía yang artinya kekuasaan rakyat, yang terbentuk dari dua kata diantaranya yaitu δῆμος atau yang dibaca dêmosyang artinya rakyat dan yang kedua dari kata κράτος atau yang dibaca kratos yang artinya kekuatan atau dapat juga diartikan kekuasaan. 

Suatu pemerintahan yang menganut paham demokratis berbeda dengan pemerintahan yang bentuk kekuasaan pemerinahannya dipegang oleh satu orang, seperti pemerintahan yang menganut paham monarki, atau pemerintahan yang menganut paham oligarki. Karl Popper menyebutkan bahwa demokrasi adalah hal yang berbeda dengan pemerintahan yang menganut paham kediktatoran atau tirani, demokrasi memberikan kesempatan bagi rakyat untuk mengendalikan pemimpinnya. Demokrasi juga memungkinkan rakyat untuk menentukan pemimpinnya yang dilakukan melalui pemilihan umum. 

Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan yang kekuasaan terkuat didalam pemerintahannya berasal dari rakyat. Menurut A. Lincoln, demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Hal ini mencerminkan bahwa kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Istilah demokrasi pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles sebagai sebuah bentuk pemerintahan yang mengekankan kekuasaan berada di tangan rakyat. 

Ciri-Ciri Negara Demokrasi 

ciri ciri negara demokrasi terlihat dari adanya kebebasan yang diberikan negara kepada masyarakatnya untuk dapat mengurusi dirinya sendiri. Salah satu contoh misalkan saja pada otonomi daerah. Dengan sistem otonomi ini, pemerintah daerah diberi kewenangan oleh pemerintah pusat untuk dapat mengurus dirinya sendiri. Pemerintah daerah juga diberikan keleluasan untuk dapat mengelola wilayah sesuai harapan dan aspirasi rakyat di daerah yang bersangkutan. Keleluasaan tersebut meliputi semua hal yang ada kaitannya dengan pengelolaan pemerintah, kecuali yang berkaitan dengan sosial politik, pertahanan, luar negeri, keamanan, peradilan, mata uang dan agama. Berikut beberapa ciri-ciri negara demokrasi: 

· Legitimasi pemerintah 

· Pengaturan organisasi yang diatur secara teratur sedikitnya terdapat 2 partai politik di dalam negara. 

· Setiap warga negara dewasa telah memenuhi syarat berhak pemilu 

· Setiap warga negara yang terlibat di dalam pemilu terjamin kerahasiannya 

· Masyarakat terjamin kebebasannya 

· Terjamin kebebasan pers 

Pada negara yang menganut sistem demokrasi, partisipasi rakyat mendapatkan tempat yang terhormat didalam kehidupan yang berbangsa dan bernegara. Maka dari itu negara yang menganut sistem demokrasi menjamin kemerdekaan masyarakatnya dalam menyampaikan pikirannya baik secara lisan maupun tulisan. Baca: ciri - ciri demokrasi
Rating: 4.5