http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 12 Februari 2016

Ciri - Ciri Demokrasi

Sebelum membahas mengenai ciri - ciri demokrasi, alangkah baiknya kita memahami pengertian demokrasi terlebih dahulu. Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan membebaskan setiap warga negara untuk brerpendapat karena pemerintaha demokrasi beranggapan bahwa setian orang yang memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi hidup mereka. Ada intinya adalah pemerintahan demokrasi menjunjung tinggi keduduan rakyat atau dengan kata lain rakyatlah yang mempunyai kedaulatan tertinggi. Demokrasi mengijinkan warganya untuk ikut andil serta berpartisipasi baik secara langsung maupun dengan mengirimkan perwakilan didalam proses merumuskan, mngembangkan dan pembuatan hukum. 

Demokrasi berasal dari kata “demos” yang artinya rakyat dan “kratos” yang artinya kekuasaan atau kekuatan, yang jika digabung membentuk kata “Demokratia” yang merupakan bahasa yunani memiliki arti "kekuasaan rakyat". Demokrasi didalamnya mencakup berbagai lini diantaranya: ekonomi, kondisi sosial dan budaya yang memungkinkan dalam prosesnya terjadi praktik kebebasan politik. Adapun rpinsip-prinsip yang terkandung didalam pemenrintahan demokrasi antara lain sebagai berikut: 
  • Persamaan yang terjalin pada setiap masyarakat sehingga memiliki kesetaraan didalam praktik politik 
  • Keterlibatan masyarakat dalam urusan politik 
  • Kebebasan masyarakat 
Demokrasi yang dipakai oleh beberapa negara, berbeda-beda macamnya, berikut beberapa macam-macam demokrasi :


Macam demokrasi dilihat dari penyaluran kehendak rakyat

  1. Demokrasi Langsung yaitu merupakan demokrasi yang secara langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan 
  2. Demokrasi Tidak Langsung yaitu merupakan demokrasi yang tidak secara langsung melibatkan rakyat yaitu dengan menggunakan wakil-wakil yang telah dipercaya untuk menajdi perantara seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan. 

Macam demokrasi dilihat dari fokus erhatiannya

  1. Demokrasi Formal yaitu merupakan demokrasi yang berfokus di bidang politik 
  2. Demokrasi Material yaitu merupakan demokrasi yang berfokus di bidang ekonomi 
  3. Demokrasi Gabungan yaitu merupakan gabungan antara demokrasi material dan demokrasi fomal.

Macam demokrasi dilihat dari Prinsip Ideologi

  1. Demokrasi Liberal yaitu merupakan demokrasi bedasarkan hak individu
  2. Demokrasi Komunis yaitu merupakan demokrasi berdasarkan hak pemerintah
  3. Demokrasi Pancasila yaitu merupakan demokrasi berdasarkan ideologi Indonesia

Adapun ciri-ciri demokrasi antara lain: 

  • Ciri Konstitusional yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kehendak, kepentingan maupun kekuasaan rakyat yang ditegaskan kedalam konstitusi maupun undang-undang yang berlaku di negara tersebut. 
  • Ciri Perwakilan yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat yang diwakilkan oleh sejumlah orang yang telah dipilih oleh rakyat itu sendiri. 
  • Ciri Pemilihan Umum yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kegiatan politik untuk memilih pihak dalam permerintahan. 
  • Ciri Kepartaian yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan partai yang menjadi sarana atau media sebagai bagian dalam pelaksaan sistem demokrasi. 
  • Ciri Kekuasaan yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan adanya pembagian kekuasaan dan pemisahan kekuasaan. 
  • Ciri Tanggung Jawab yaitu merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan tanggung jawab dari pihak yang telah terpilih. Baca: Ciri - Ciri Negara Demokrasi
Rating: 4.5