http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 11 Januari 2016

Peninggalan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Peninggalan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia - Ada beberapa peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia yang berasal dari beberapa kerajaan yang didirikan di Indonesia diantaranya:

1. Prasasti yang terdiri dari 7 buah Yupa. Yupa ini ditemukan di Muara kaman, tepatnya pada tahun 1879 Masehi serta tahun 1940 Masehi. Prasasti-prasasti tersebut antara lain:

· PrasastiCiaruteun yang didapatkan di daerah Ciampea Bogor profinsi Jawa Barat, pada prasasti ini terdapat jejak telapak kaki Raja yaitu raja Purnawaran.

· Prasasti Jambu yang didapatkan di Bukit Koleangkak, Bogor. Prasasti ini berisi tentang tarumanegara

· Prasasti Lebak atau prasasti Cidanghiangyang didapatkan di Kampung Lebak, Banten. Prasasti ini berisi tentang Raja Purnawarman merupakan seorang raja yang agung dan pemberani.

· Prasasti Kebon Kopi yang didapatkan di Muara Hilir Bogor. Prasasti ini berisi tentang lukisan dari telapak kaki Airawata, Airawata merupakan kendaraan dewa Wisnu yang berupa gajah. Baca: Peninggalan Kerajaan Budha di Indonesia

· Prasasti Tugu yang didapatkan di desa Tugu Cilincing Jakut. Prasasti ini berisi tentang pembuatan saluran air yag dilakukan oleh raja Purnawarman.

· Prasasti Pasir Awi yang didapatkan di Pasir Awi kota Bogor. Prasasti ini bergambarkan lukisan kaki.

· Prasasti Muara Cianten yang didapatkan di Muara Cianten kota Bogor.

2. Sebuah kaung yang berasal dari cina, kalung tersebut terbuat dari emas.

3. Beberapa Arca bulus

4. Beberapa Arca dari perungggu

5. Beberapa arca yang terbuat dari batu.

6. Candi Gedong Songo yang berada kompleks Dieng, Ungaran Ambarawa

7. Kompleks Candi Prambanan yang terdapat di Jawa Tengah

8. Prasasti peninggalan kerajaan Mataram seperti Prasasti Penumbangan yang ditemukan pada tahun 1120, Prasasti Hantang yang ditemukan pada tahun 1135, Prasasti Talan yang ditemukan pada tahun 1136, Prasasti Jepun yang ditemukan pada tahun 1144, Prasasti Weleri yang ditemukan pada tahun 1169, Prasasti Angin yang ditemukan pada tahun 1161, Prasasti Padlegan yang ditemukan pada tahun 1170, Prasasti Jaring yang ditemukan pada tahun 1181, Prasasti Semandhing yang ditemukan pada tahun 1182, Prasasti Ceker yang ditemukan pada tahun 1185 Masehi.

9. Berbagai kesusteraan, diantaranya, kesusteraan Kakawin Arjuna Wiwaha karya dari Mpu Kanwa, kesusteraan Kresnayana karya dari Mpu Triguna, kesusteraan Samanasantaka karya dari Mpu Managuna, kesusteraan Smaradahana karya dari Mpu Darmaja, kesusteraan Hariwangsa karya dari Mpu Panuluh, kesusteraan Gathotkaca Sraya karya dari Mpu Panuluh, kesusteraan Bharatayuda karya dari Mpu Panuluh serta Mpu Sedah, kesusteraan Wrestasancaya serta kidung Lubdhaka karya dari Mpu Tanakung.

Sedangkan peninggalan kerajaan Budha di Indonesia, diantaranya ada:

1. Berbagai prasasti, diantaranya ada Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada tahun 683 Masehi di Palembang., Prasasti Talang Tuo yang ditemukan pada tahun 684 Masehi di Palembang, Prasasti Telaga Batu yang ditemukan di Palembang, Prasasti Kota Kapur yang ditemukan pada tahun 686 Masehi di Pulau Bangka, Prasasti Karang Berahi yang ditemukan pada tahun 686 Masehi di Jambi, Prasasti Palas Pasemah yang ditemukan pada abad ke-7 Masehi di Lampung Selatan

2. Beberapa candi diantaranya ada Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah, didirikan pada tahun 770 Masehi, Candi Kalasan yang berada di Jawa Tengah, didirikan tahun 778 Masehi., Candi Mendut yang berada di Jawa Tengah, didirikan pada saat masa pemerintahan Dinasti Syailendra, Candi Sewu yang berada di Jawa Tengah, Candi Plaosan yang berada di Jawa Tengah, Candi Sumberawan yang berada di Jawa Timur, Candi Muara Takus yang berada di Sumatra.

3. Arca yang terdiri dari arca Dewa Syiwa, Dewa Brahma, Dewa Wisnu. Baca: Peninggalan Kerajaan Demak dan Cirebon
Rating: 4.5