http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 29 Januari 2016

Fungsi Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi merupakan salah satu pembuluh yang memiliki otot, fungsi pembuluh nadi ialah membawa darah menuju jantung. Pembuluh nadi memiliki 3 lapisan dinding, antara lain :

· Lapisan pertama merupaka lapisan terluar yang memiliki sifat yangg elastis.

· Lapisan kedua letaknya berada ditengah-tengah lapisan yang memiliki bentuk seperti otot-otot yang tipis

· Lapisan ketiga merupakan lapisan terdalam yang susunannya dimulai dari lapisan sel yang memiliki dinding yang tipis

Pembuluh nadi memiliki dinding yang lebih tebal dibandingkan dinding pembuluh lainnya, selain itu dinding pembuluh nadi juga lebih kuat dan lebih elastis, hal ini berguna untuk membantu pemompaaan kinerja jantung yakni memberikan dorongan yang kuat agar darah dapat mengalir keseluruh tubuh. pembuluh nadi memberikan tekanan sepanjang darah mengalir pada pembuluh darah dan memberikan denyutan, sehingga dapat membuat darah memancar apabila pembuluh nadi mengalami luka.

Saluran terbesar pada pembuluh nadi dinamakan oarta. oarta berpangkal atau berpusat pada bilik kiri dari jantung. tugas dari oarta ini adalah membawa darah yang mengandung oksigen mengalirkannya keseluruh tubuh. oarta memiliki katup yang berada pada luar jantung, yang nantinya akan berlanjut pada dua cabang yang dimiliki oarta. cabang oarta yang pertama menuju ke bagian atas tubuh dan cabang oarta yang kedua menuju bagian bawah tubuh. Dari cabang oarta tadi, pembuluh nadi akan bercabang-cabang lagi hingga menjadi cabang yang terkecil dari pembuluh nadi, cabang terkecil dari pembuluh nadi tersebut dinamakan arteriol. arteriol memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih tipis dari pada cabang pembuluh nadi lainnya. arteriol memiliki cabang lagi yang menghubungkannya dengan pembuluh kapiler.

Selain membawa darah yang mengandung oksigen, fungsi pembuluh nadi lainnya adalah membawa darah yang mengandung karbondioksida, pembuluh ini bernama pembuluh nadi pulmonalis. pembuluh nadi pulmonalis memiliki pangkal pada bilik kanan dari jantung. ukuran dari pembuluh nadi pulmonalis lebih kecil dibandingkan dengan oarta. Baca: Pengertian, fungsi, jenis, dan ciri-ciri pembuluh nadi

Darah yang berasal dari jantung akan dialirkan keseluruh tubuh melewati pembuluh nadi. pembuluh nadi tugasnya adalah membwa darah yang mengandung oksigen serta zat-zat makanan, pembbuluh ini dinamakan pembuluh nadi tajuk atau pembuluh nadi koronaria. pembuluh nadi koronia memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga membuatnya terkadang memiliki masalah yaitu mudahnya saluran ini tersumbat oleh lemak. masalah ini membuat jantung terkadang kekurangan asupan nutrisi dan oksigen. masalah ini biasa dinamakan dengan koronariasis.

Pembluh nadi dibagi kedalam beberapa jenis,yaitu:

· Arteri pulmonalis merupakan pembuluh nadi yang tersabung pada paru-paru dan dijadikan jalur lewatnya darah yang berasal dari bilik kanan jantung menuju paru-paru. Pembuluh nadi pulmonalis mengandung karbondioksida dalam jumlah yang banyak sekali. karbon dioksida ini akan dilepaskan ke paru-paru.

· Arteri sistemik merupakan pembuluh nadi yang tugasnya mengantar darah pada arteriol yang nantinya setelah itu akan dilanjutkan kepada pembuluh kapiler yang merupakan tempat zat nutrisi serta juga oksigen yang akan ditukarkan dengan karbondioksida.

· Aorta merupakan pembuluh nadi yang terbesar serta keluar dari posisi ventrikel yang bertugas membawa oksigen

· Arteriol merupakan pembuluh nadi yang memiliki ukuran paling kecil. Baca: Perbedaan Pembuluh Nadi dan Pembuluh Balik
Rating: 4.5