http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 10 Desember 2015

Pengertian Humas dan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Humas dan Sosial Menurut Para Ahli - Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan humas merupakan suatu lembaga yang memiliki fungsi sebagai tempat pemberi informasi kepada masyarakat luas.

Berikut beberapa pengertian humas menurut para ahli:

· Edward L. Bernays: pengertian humas meliputi humas pemberi penerangan pada masyarakat, pemberi bujukan pada masyarakat, pemberi bantuan menginterpretasi masyalah pada masyarakat.

· Scott M. Cutlip dan Allen H. Center: humas adalah manejemen publik dalam menilai suatu sikap, menilai suatu kebijakan, serta tata cara suatu organisasi untk kepentingan publik.

· The Public Relations Society of America: humas merupakan lembaga yang membatu organisasi beradaptasi dengan publik, agar dapat melakukan interaksi yang baik dan efektif. Baca: Pengertian, ciri-ciri novel dan cepren

· J.C.Seidel: humas merupakan kelanjutan dari proses manajemen untuk mendapatkan kepercayaan customer dengan mengadakan analisis diri atau institusi untuk kemajuan pelayanan.

· W. Emerson Reck: humas merupakan kelanjuatan penetapan kebijakan dari sebuah institusi agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

· Public Relation World Conference: humas merupakan penggabungan dar ilmu pengetahuan dan kesenian untuk memprediksi dan memperkirakan konsekwensi yang akan didapatkan oleh perusahaan serta memberikan saran terbaik bagi perusahaan.

· Cutlip, Center, dan Broom: humas memiliki fungsi sebagai manajemen yang dapat membangun serta mempertahankan suatu hubungan yang dapat berpangaruh bagi kesuksesan suatu organisasi.

· The British Institute of Public Relation: humas merupakan suatu rencana usaha yang berkelanjutan membina rencana baik anatra pihak organisasi dan masyarakat.

· Frank Jeffkins: humas merupakan bentuk komunikasi yang baik, baik itu komunikasi ke dalam suatu organisasi maupun komunikasi keluar suatu organisasi, tujuannnya adalah untuk mencapai pengertian bersama.

· Jeffkins & Daniel Yadin: humas merupakan sebuah sistem dari komunikasi yang bertujuan membangun niat yang baik bagi beberapa pihak.

· Webster’s New Wold Dictionary: humas merupakan suatu hubungan yang dibentuk untuk masyarakat dengan organisasi yang terkait dengan penciptaan opini masyarakat atau pembentukan suatu citra diri organisasi.

Sosial merupakan suatu hasil yang dibentuk melalui hubungan interaksi antar masyarakat untuk mencapai keselarasan hidup, 

Berikut beberapa pengertian sosial menurut ahli:

· Lewis: sosial merupakan suatu hal yang ingin dicapai dan diterapkan di tengah-tengah interaksi antara masyarakat dengan lembaga pemerintahannya

· Keith Jacobs: Sosial merupakan sesuatu yang sengaja dibangun dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Baca: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

· Ruth Aylett: Sosial merupakan perbedaan yang harus dipahami namun tetap terintegrasi dan inhern

· Paul Ernest:sosial adalah suatu kegiatan yang melibatkan sekelompok manusia baik secara individu maupun kelompok.

· Philip Wexler: sosial merupakan sifat dasar yang dimiliki setiap individu.

· Peter Herman: sosial merupakan inti dari cara berhubungan antar warga masyarakat walaupun pola sosial masih diperdebatkan. Baca: Perbedaan Fakta dan Opini
Rating: 4.5