http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 14 Desember 2015

Pengertian Bimbingan dan Kerjasama Menurut Para Ahli

Pengertian Bimbingan dan Kerjasama Menurut Para Ahli - bimbingan merupakan sebuah interaksi yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih, salah satu individu merupakan center yang ditunjuk untuk memberikan bantuan. Bantuan yang diberikan berupa tindakan yang dilakukan untuk perkembangan kepribadian seseorang yang dibantu. Berikut beberapa pengertian bimbingan menurut para ahli:

· Pengertian bimbingan menurut James adalah bimbingan merupakan bantuan yang diberikan oleh seorang ahli untuk membantu orang lain dalam mangambil keputusan yang terbaik.

· Pengertian bimbingan menurut Crow merupakan sebuah proses yang mendidik

· Pengertian bimbingan menurut Shertzer dan Stone merupakan sebuah tindakan yang diberikan untuk menolong orang lain yang mengalami perkembangan emosi, jiwa, mental, intelektual dan sosial

· Pengertian bimbingan menurut Sunaryo Kartadinata merupakan sebuah proses untuk membantu seseorang agar dapat berkembang optimal. Baca: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

· Pengertian bimbingan menurut Rochman Natawidjaja merupakan proses memberikan bantuan secara berkesinambungan agar seseorang tersebut dapat memahami dirinya sendiri

· Pengertian bimbingan menurut Yee merupakan suatu banuan yang berkelanjutan yang diberikan oleh seseorang yang kompeten kepada seseorang yang meminta bntuan agar seseorang tersebut dapat menyesuaikan tingkah lakunya.

Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama . 

Berikut beberapa pengertian kerjasama menurut para ahli :

· Menurut Zainudin pengertian kerjasama adalah seseorang yang memiliki kepedulian dengan orang lain, atau sekelompok orang sehingga membentuk suatu kegiatan yang sama dan menguntungkan seluruh anggota dengan dilandasi rasa saling percaya antar anggota serta menjunjung tinggi adanya norma yang berlaku. Kerjasama menurut Zainudin merupakan kerjasama dalam bidang organisasi yang merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan bersama-sama antar anggota untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh anggota organisasi.

· Menurut Pamudji kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melakukan interaksi antar individu yang melakukan kerjasama sehingga tercapai tujuan yang dinamis, ada tiga unsur yang terkandung dalam kerjasama yaitu orang yang melakukan kerjasama, adanya interaksi, serta adanya tujuan yang sama.

· Menurut Thomson dan Perry kerjasama merupakan suatu kegiatan yang memiliki tingkatan yang berbeda, dimulai dari adanya koordinasi dan kooperasi hingga terjadi kolaborasi di dalam suatu kegiatan kerjasama.

· Menurut Rosen kerjasama merupakan sumber yang sangat efisien untuk kulitas pelayanan. Dalam hal ini kerjasama dalam ranah ekonomi pada bidang jual beli.

· Menurut Tangkilisan kerjasama merupakan sumber kekuatan yang timbul didalam suatu organisasi sehingga dapat mempengaruhi keputusan dan tindakan organisasi.

· Menurut Handshake Agreements kerjasama merupakan pekerjaan yang yang diatur bukan atas dasar perjanjian yang ditulis.

· Written Agreements, bentuk kerjasama terdiri dari: consortia yaitu merupakan kegiatan sharing sumber daya, joint purchasing yaitu kerjasama pembelian barang, equipment sharing yaitu kerjasama sharing peralatan, cooperative construction yaitu kerjasama mendirikan bangunan, joint services yaitu kerjasama bidang pelayanan publik, contract services yaitu kerjasama bidang kontrak pelayanan. Baca: Pengertian Humas dan Sosial Menurut Para Ahli
Rating: 4.5