http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 26 Desember 2015

Kerajaan - Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Kerajaan - Kerajaan Hindu Budha di Indonesia - kerajaan yang pertama berkembang di Indonesia merupakan kerajaan kerajaan hindu budha. Ha ini dikarenakan para pedagang dari asing yang mulai berdatangan ke Indonesia, sebelum orang asing yang menganut suatu agama tertentu datang ke Indonesia, masyarakat Indonesia menganut aliran dinamisme.

Berikut beberapa kerjaan-kerajaan Hindu di Indonesia:

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu yang pertama kali didirikan di Indonesia tepatnya di Kalimantan Timur, tepian suangai Mahakam. Tahun berdirinya di perkirakan sekitar 400 Masehi. Beberapa raja yang pernah memimpin di kerajan Kutai antara lain adalah: Raja kudungga yang merupakan raja pertama dari kerajaan ini, yang selanjutnya digantikan oleh raja Asawarman dan pada generasi selanjutnya adalah Raja Mulawarman, yang merupakan putra mahkota dari Raja sebelumnya.

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan bercorak Hindu kedua yang dibangun di Indonesia. Kerajaan Tarumanegara dibangundi Jawa barat, sekitar tahun 450 M. Raja yang berkuasa di Kerajaan Tarumanegara adalah Raja Pernawarman. Baca: Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

3. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajana bercorak Budha yang didirikan di Sumatera sekitar abad ke-7. Raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Sriwijaya antara lain: raja Jayanaga, raja Balaputradewa, selanjutnya adalah raja Sangrawijaya tunggawarman. Pada masa itu Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan terkuat, Kerajaan Sriwijaya mendapat julukan kerajaan maritim, hal tersebut dikarenakan Kerajaan Sriwijaya mengusai sebagian besar perairan di Nusantara, yang merupakan lokasi strategis yang dituju para pedagang-pedagang asing.

4. Kerajaan Bali

Kerajaanbali merupakankerajaan bercorak Hindu selanjutnya. Yang terdiri dari beberapa wangsa, wangsa yang terkenal salah satunya adalah wangsa Warmadewa, yang pada masa itu memerintah Bali.raja-raja yang terkenal pernah memerintah kerajana Bali antara Lain: Sri Candrabhaysingka Warmadewa, selanjutnya digantikan oleh Udayana, yang mendapatkan gelar Dhamodayana Warmadewa. Setelah keruntuhannya, kerajaan Bali meninggalkan bebrapa peninggalan sejarah yang berupa prasasti, terdiri dar 28 prasasti yang ditemukan di di goa Gajah, Gunung Panulisan, Gunung Kawi dan Sangit.

5. Kerajaan Singasari

Kerajaan Singosari merupakan kerajaan yang berdiri berlandaskan dendam. Asal mula cerita kerajaan ini, dimulai dari ken Arok yang membunuh Tumapel Tunggul Ametung untuk mendapatkan istri dan tahtanya. Sehingga setelah Tunggu ametung meninggal, keinginan Ken Arok terpenuhi, ia menjadi Raja dan menikah dengan istri Tunggu Ametung, yang bernama Ken Dedes. Di tengah kepemimpinannya, ia dibunuh oleh anak dari Tunggul Ametung, yaitu Anuspati sehingga ia menjadi raja selanjutnya. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, anak dari Ken Arok tidak terima ayahnya dibunuh akhirnya membalas dendam kepada Anuspati, dan membunuhnya. Setelah Tohjaya, anak Ken Arok membunuh Anuspati, ia diangkat menjadi Raja. Selanjutnya terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh keturunan-keturunannya.

Selain pendirian kerajaan Budha, juga berdiri kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia, salah satunya yaitu Kerajaan Mataram Hindu yang berada di Jawa tengah. Raja yang pernah berkuasa di kerajaan ini adalah Raja Sarna, Raja Sanaya, Raja Raka Panangkara, Raja Rakai Pikatan, Raja Rakai Watukara, Raja Daksa, Raja Tulodong, Raja Wawa dan yang terakhir adalah Mpu Sendok hingga akhirnya ia pindah ke Jawa timur dan membuat kerajaan baru yang bernama kerajaan Wangsa Isyana. Baca: Kerajaan Budha Tertua yang Ada di Indonesia
Rating: 4.5