http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 02 Desember 2015

Kerajaan di Indonesia

Kerajaan di Indonesia - kerajaan-kerajaan yang pertama kali muncul di Indonesia adalah kerajaan yang bercorak Hindu-Budha seiring bertambahnya zaman, kerajaan-kerajaan di Indonesia terus berkembang hingga munculah kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. Berikut beberapa kerajaan di Indonesia

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai merupakan kerjaan bercorak Hindu yang pertamakali muncul di Indonesia. Kerajaan Kutai dibangun pad abad 400 M, di tepian sungai Mahakam, tepatnya di Kalimantan Timur. Peninggalan yang masih tersisa dari kerajaan ini adalah Yupa yang menceritakan raja yang memerintah di kerjaaan kutai adalah raja Mulawarman

2. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara diyakini sebagai kerajaan hindu kedua yang didirikan di Indonesia, tepatnya pada 450 masehi, yang didirikan di Jwa Barat. Kerajaan Tarumanegara dipimpin oleh raja Pernawarman. Peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah ditemukannya candi Batujaya serta candi Cibuaya di sekitar muara Citarum.

3. Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan Hindu yang didirikan pada 674 di Jawa , tepatnya di Jepara. Kerajaan Kalingga dipipmpin oleh seorang ratu yang bernama Ratu Shima, yang dikenal dengan ketegasannya. Apabila ada orang yang ketahuan mencuri di daerah kekuasaan sang ratu, akan mendapat hukuman potong tangan.

4. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya didirikan di pulau Sumatera pada abad ke 6 masehi, serta memiliki pengaruh yang luas pada bebrapa daerah dan negara. Peninggalan yang ditemukan dari Kerajaan Sriwijaya adalah prasasti kudukan bukit yang ditemukan di daerah Palembang. Raja yang pernah memerintah diantaranya: raja Balaputradewa, raja Sakyakirti, raja Sri Sangrawijayatunggawarman serta raja Sri Jayanaga. Baca: Kerajaan Budha Tertua yang Ada di Indonesia

5. Kerajaan Melayu

Kerajaan Melayu merupakan kerajaan yang kekuasaannya berda dibawah kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini didirikan bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya.

6. Kerajaan Mataram Hindu

Kerajaan Mataram Hindu merupakan kerajaan yang bercorak Hindu, didirikan di Jawa Tengah. Raja yang berkuasa di Kerajaan Mataram Hindu antara lain: raja Sanjaya, raja Sanna serta raja Rakai Panangkaran, raja Daksa, raja Tulodong, raja Wawa, serat raja Mpu Sendok Kerajaan Mataram pernah terbelah menjadi dua yang menganut agama Budha, namun pada akhirnya bersatu kembali.

7. Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari diperintah oleh beberapa raja diantaranya: Ken Arok, Anuspati, Tohjaya, Ranggawuni, serat yang terakhir adalah raja Kertanegara yang mendapatkan gelar Srimaharajadhiraja Sri Kartanegara, memerintah kerajaan Singasari pada tahun 1269 masehi sampai tahun 1292 masehi. Daerah yang pernah ditaklukkannya adalah Bali, Sunda, Pahang, Gurun serta Bakulapura.

8. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1292 Masehi oleh Raden Wijaya, yang akhirnya menjadi raja pertama yang memerintah kerajaan Majapahit dan mendapatkan gelar Kertarejasa Jayawardhana. Setelah raden Wijaya wafat, pemerintahan kerajaan Majapahit digantikan oleh putranya yang bernama Sri Jayanegara.

9. Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan bercorak islam yang pertaakali didirikan di Indonesia. Didirikan pada abad ke 13 Masehi yang terletak di Aceh Utara. Raja yang memerintah Kerajaan Samudra Pasai adalah sultan Malik al saleh dan Sultan Muhammad.

Itulah beberapa kerajaan di indonesia yang dapat dibahas pada artikel ini, semoga bermanfaat. Baca: Kerajaan Kerajaan di Indonesia
Rating: 4.5