http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 28 November 2015

Unsur-Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen - Cerpen merupakan karya sastra yang memiliki kandungan kata yang sedikit. Cerpen merupakan cerita pendek dan menceritakan satu peristiwa dengan konflik yang sederhana namun memberikan penyelesaian yang menyeluruh. Biasanya cerpen disajikan dengan kata-kata yang menarik serta akhir yang tak terduga. Ciri-ciri cerpen antara lain: ceritanya yang pendek, tak lebih dari 10.000 kata, sehingga membuat pembacanya dengan cepat selesai membacanya dan tidak jenuh, cerpen mengandung pemikiran tunggal yang diceritakan dari awal sampai akhir namun menimbulkan efek yang menarik pagi pembacanya. Cerita dalam sebuah cerpen digambarkan dengan sanga singkat padat dan jelas, namun ceritanya tetap hidup. Cerita dalam sebuah cerpen harus memiliki ending yag jelas agar pesan dari cerita dapat tersampaikan. Cerita dalam cerpen dapat dibuat berdasarkan pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain. Baca: Unsur Intrinsik Drama dan Puisi

Cerpen ditulis dengan memeperhatikan dua unsur yaitu unsur intrinsik yang dapat menjadi unsur pembangun cerpen dan unsur ekstrinsik yang dapat mendukung kulitan sebuah cerpen, berikut penjelasan masing-masing unsur:

1. Unsur Intrinsik Cerpen

a. Tokoh merupakan pelaku yang dilibatkan didalam cerita novel tersebut, tokoh dalam sebuah cerpen menggambarkan tentang sifat, watak serta pribadi pelaku secara garis besar saja, pembahasannya tidak sedetail novel. Tokoh disini berfungsi agar pesan yang terkandung dalam cerpen dapat tersampaikan dengan maksimal. Dalam cerpen ada tokoh potagonis, tritagonis dan antagonis. Perwatakan atau sifat tokoh dalam cerpen dapat digambarkan secara langsung atau tidak langsung.

b. Latar

Latar dalam novel hampir sama dengan latar pada karya-karya lainnya, yaitu berhubungan dengan tempat kejadian, waktu kejadian, gambaran sosialnya. Latar dalam cerpen dibuat untuk memperjelas isi cerpen.

c. Alur
alur dalam cerpen merupakan urut-urutan suatu peristiwa yang terjadi dalam cerpen, berhubungan dengan sebab akibat suatu kejadian atau peristiwa. Ada tiga alur dalam sebuah cerpen yaitu alur maju, alur mundur dan alur campuran. Isinya mencakup perkenalan, penjajakan, klimaks, puncak klimaks penyelesaian klimaks.

d. Sudut pandang

Sudut pandang adalah cara pandang tokoh dalam cerpen atau siapa yang bercerita tentang peristiwa dalam cerpen. Ada sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.

e. Gaya bahasa

Adalah penggunaan bahasa yang dipakai oleh penulis, bagaimana penulis mengungkapkan peristiwa yang terjadi dalam cerpen.

f. Tema

Tema merupakan ide pokok yang mendasari pembuatan cerpen. Sehingga tercipta satu peristiwa yang diceritakan dalam cerpen.

g. Amanat

Pesan yang ingin penulis sampaikan dalam sebuah cerpen untuk para pembaca novel tersebut.
Baca: Pengertian, Ciri-Ciri Novel dan Cerpen

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen

a. Latar belakang budaya penulis

b. Keadaan psikis penulis dan pembaca

c. Keadaan lingkungan

d. Sejarah penulis

e. Pendidikan penulis

f. Kondisi masyarakat pada saat cerpen itu dibuat.
Rating: 4.5