http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 24 November 2015

Unsur Intrinsik Drama dan Puisi

Unsur Intrinsik Drama dan Puisi - unsur intrinsik merupakan unsur yang harus diperhatikan dalam membuat karya sastra. Unsur intrinsik drama ada 7, yaitu tema, amanat, alur, tokoh, latar, sudut pandang serta gaya bahasa. Berikut penjelasanya:

1. Tema
Tema merupakan suatu ide dasar dalam pembuatan drama atau karya sastra. Tema adalah inti masalah atau jiwa cerita. Tema dalam sebuah drama dapat dinyatakan dalam dua cara yatu secara implisit (tidak langsung) atau eksplisit (langsung).

2. Amanat
Amanat merupakan pesan inti yang ingin disampaikan pengarang dalam drama. Jadi pengarang ingin menyampaikan pesan kepada penikmat drama, amanat dapat di sampaikan secara langsung atau tidak langsung.

3. Alur
Alur merupakan rangkaian kejadian dalam sebuah drama. Susunan alur terdiri dari alur linear yaitu berdasarkan waktu kejadian, alur kusal yaitu berdasarkan sebab akibat serta alur tematik yaitu berdasarkan tema sebuah cerita. Sedangkan struktur alur terdiri dari alur bagian awal yang terdiri dari paparan, rangsangan dan gawatan. Bagian tengah yang terdiri dari tikaian, rumitan, dan klimaks. Bagian akhir yang terdiri dari leraian dan penyelesaian.

4. Tokoh
Tokoh merupakan ciptaan pengarang berupa subjek, yang menlakukan atau mengalami suatu peristiwa dalam sebuah drama. Tokoh dalam sebuah drama biasanya berwujud manusia, namun dalam drama animasi dapat berupa hewan atau tumbuhan.

Tokoh dalam drama dapat dugambarkan melalu watak protagonis atau antagonis. Watak protagonis memiliki sifat baik hati dan sifat-sifat positif lainnya. Sedangkan watak antagonis memiliki sifat tinggi hati dan sifat-sifat negatif lainnya. Ada dua metode dalam menciptakan watak ini yaitu metode analitis atau metode langsung serta metode dramatik atau melalui pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

5. Latar
Latar merupakan keterangan yang berkaitan dengan waktu kejadian, ruang kejadian, suasana saat kejadian, serta waktu kejadian dalam sebuah peristiwa.

6. Sudut pandang
Sudut pandang merupakan cara pandang tokoh tokoh dalam menempatkan dirinya dalam suatu peristiwa. Sudut pandang pertama yaitu sudut pandang dari orang itu sendiri, digambarkan sebagai “saya” dalam sebuah cerita. Sudut padang dari orang ketiga yaitu sudut pandang dari orang lain, digambarkan sebagai “dia”

7. Gaya bahasa
Gaya bahasa merupakan sutu tekhnik berbahasa yang digunakan pengarang dalam drama.

Unsur -  unsur Intrinsik Puisi

Puisi juga merupakan karya sastra yang meruakan ungkapan atau seuntaian kata-kata indah, yang mengandung arti sangat dalam. Unsur intrinsik puisi terdiri dari tema, latar, imaji, lambang, nada, gaya bahasa, amanat, rima, ritme dan diksi. Baca: Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Berikut penjelasan masing-masing unsur tersebut:
  • Tema
Pengertian tema dalam puisi hampir sama dengan tema dalam drama, yakni gagasan utama atau ide pokok yang dijadikan dasar oleh pengarang untuk membuat puisi.
  • Latar
Latar dalam puisi merupakan perasaan yang didasarkan pada puisi tersebut, sehingga membuat pembaca puisi dapat merasakan juga perasaan yang ada didalam puisi tersebut.
  • Imaji
Imaji dalam puisi dalah gambarah yang diciptakan di dalam puisi, sehingga pembaca dapat memahami isi dari puisi tersebut.
  • Lambang
Lambang di dalam puisi merupakan kata-kata kiasan untuk menggambarkan sesuatu.
  • Nada
Nada dalam puisi merupakan penyusunan kata-kata yang ada di dalam puisi memiliki suatu makna yang indah.
  • Gaya bahasa 
Gaya bahasa merupakan cara berbahasa yang dipakai penulis puisi, setiap penulis puisi memiliki gaya bahanya sendiri-sendiri
  • Amanat
Amanat perupakan pesan yang terkandung di dalam puisi. Amanat dibuat oleh penulis puisi biasanya di tuangkan dalam bentuk tersirat yang berbentuk kata-kata kiasan yang indah.
Rating: 4.5