http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 20 November 2015

Peredaran Darah Terbuka dan Tertutup

Peredaran Darah Terbuka dan Tertutup - peredaran darah pada makhluk hidup terdiri dari jantung, darah dan pembuluh darah. fungsi peredaran darah pada makhluk hidup adalah untuk sirkulasi darah dan untuk mendistribusikan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk bertahan hidup. Jantung mengalirkan darah ke seluruh anggota tubuh melewati pembuluh darah. Darah yang mengandung oksigen akan mengalir keseluruh tubuh melewati pembuluh darah untuk didistribusikan ke anggota tubung yang memerlukannya. Setelah semua tubuh sudah teralirkan oleh darah yang mengandung oksigen, darah tersebut akan bertukar dengan darah yang sudah mengandung karbondioksida.

Perbedaan peredaran darah terbuka dan tertutup:

1. Peredaran Darah Terbuka
Peredaran darah terbuka merupakan peredarah darah sederhana. Jantung akan mengalirkan darah ke ronggo-rongga yang terbuka di tubuh. Jadi pembuluh darah membawa darah dengan tekanan rendah, karena darah juga mengalir ke seluruh tubuh diluar pembuluh darah. Biasanya peredaran darah terbuka dimiliki oleh hewan-hewan tertentu seperting serangga, udang dan biota atau makhluk kecil lainnya.

Kelebihan yang dimiliki oleh peredaran darah terbuka yaitu prosesnya membutuhkan sedikit energi jadi peredaran darah terbuka ini cocok untuk hewan yang bertubuh kecil dan memiliki metabolisme yang lumayan lambat. Baca: Peredaran Darah Ganda dan Jantung 

2. Peredaran Darah Tertutup

Peredaran darah tertutup memiliki sistem yang lebih kompleks. Proses utamanya terletak di paru-paru dan saluran sistemik. Jadi paru-paru akan menerima oksigen dari luar tubuh, setelah oksigen terikat pada darah, darah akan mengalir pada saluran sistemik, yaitu pembuluh darah untuk di bawa ke jantung dan akan di pompa ke seluruh bagian tubuh.

Kelebihan yang dimiliki oleh peredaran darah tertutup adalah peredaran darah tertutup lebih efisien karena dapat berjalan pada tekanan yang tinggi, dan juga peredaran darah tertutup hanya memerlukan jumlah darah yang relatif sedikit karena hanya berjalan pada pembuluh darah saja. Peredaran darah tertutup juga dapat memngalirkan darah dengan lebih cepat, sehingga nutrisi yang diperlukan tubuh dapat dipenuhi dengan sangat baik. Peredaran darah tertutup lebih kuat dari pada Peredaran darah terbuka. Karena memiliki tingkat anti bodi yang tinggi pula dibandingkan Peredaran darah terbuka.

Perbedaan yang dimiliki antara Peredaran darah tertutup dan Peredaran darah terbuka.
  • Peredaran darah terbuka merupakan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, tanpa harus melewati pembuluh darah. Jadi pada hewan yang memiliki Peredaran darah terbuka tidak dapat mengenali perbedaan antara cairan tubuh serta darah karena sama-sama mengisi seluruh bagian-bagian tubuh, dan keduanya tercampur didalam tubuh hewan yang memiliki Peredaran darah terbuka. 
  • Peredaran darah tertutup merupakan darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh melewati pembuluh darah. Jadi darah hanya mengalir di pembuluh darah yang ada di dalam tubuh saja. Baca: Macam - Macam Pembuluh Darah
Rating: 4.5