http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 16 November 2015

Peredaran Darah Ganda dan Jantung

Peredaraan darah ganda dan jantung - Peredaran darah ganda biasa dimiliki oleh manusia atau hewan mamalia lainnya. Pada peredaran darah ganda darah akan melawati jantung dalam dua kali putaran, yang pertama adalah darah yang mengandung oksigen dan yang kedua adalah darah yang mengandung karbondioksida. Oksigen akan dihirup oleh hidung dan ditampung di paru-paru. Setelah paru-paru penuh, oksigen tadi akan diikat oleh darah dan akan dialirkan ke jantung melewati vena pulmonari. Setelah berada di jantung sebelah kiri, atau bilik jantung, darah akan di pompa ke seluruh tubu melewati arteri, setelah tubuh menerima darah yang sudah mengandung oksigen dan oksigen terserap oleh organ-organ yang membutuhkan, darah yang mengandung oksigen akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida. Darah yang mengandung karbon dioksida akan mengalir di pembuluh vena, dan akan mengalir ke jantung sebelah kanan, setelah sampai di bilik kanan darah akan menuju arteri pulmonari utuk di kembalikan lagi ke paru-paru dan karbondioksida dapat dikelurkan dari dalam tubuh.

Pada hewan, peredaran darah ganda hanya dimiliki oleh hewan-hewan tertentu, seperti mamalia. peredaran darah jantung adalah perdaran darah yang terjadi di sekitar jantung. Jadi darah mengalir melalui pembuluh darah berasal dari paru yang terdiri dari lengkung tertutup yaitu yang menghubungkan paru dengan jantung. Serta pembuluh darah yang sistemik. Pembuluh darah ini melibatkan organ-organ yang ada didalam tubuh.

Penjelasan mengenai peredaran darah jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang ada didalam tubuh, walaupun satu-kesatuan, jantung memiliki 4 bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. 4 bagian jantung terdiri dari serambi kanan dan kiri serta bilik kanan dan kiri. Pada bilik dan serambi dipisahkan oleh katup yang bernama trikuspid dan bikuspid. Sekat ini berguna untuk menahan darah agar tidak kembali. Baca Juga: Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah jantung dilakukan secara bargantian melakukan kontraksi otot jantung, hal ini dilakukan sebagai usaha mengosongkan isi jantung untuk diisi dengan yang baru dalam proses relaksasi. Agar sirkulasi di dalam tubuh tetap berjalan. Siklus peredaran darah jantung terdiri dari dua periode yaitu periode sistol dan periode diastol. Pada periode sistol jantung akan mengalami kontraksi untuk mengosongkan isi jantung dan mengalirkan darah, sedangkan pada periode diastol, jantung melakukan relaksasi untk mengisi jantung kembali dengan darah. Proses itu terjadi dengan dangat cepat sekali. Bilik dan serambi mengalami priode sistol dan diastol secara bergantian. Periode sistol pada jantung terjadi akibat mekanisme listrik jantung atau akibat eksitasi yang menyebar ke seluruh jantung. Sedangkan periode diastol akan terjadi setelah ada tahapan relaksasi pada jantung.

Sistol pada jantung berguna untuk memompa darah, proses ini di cetuskan membran- membran yang ada pada otot jantung dengan menyebarkan potensial aksi. Kontraksi jantung ditandai dengan denyutan, hal ini karena jantung memiliki aliran listrik yang berasal dari jantung itu sendiri. Baca: Pengertian Koagulasi dan Fibrinogen
Rating: 4.5