http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 12 November 2015

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah Manusia - Sistem peredaran darah merupakan sebuah usaha yang dilakukan tubuh untuk bertahan hidup, apabila sistem peredaran darah mengalami masalah atau kelainan, hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh. 

Inilah beberapa penyakit pada sistem peredaran darah manusia:

1. Penyakit Polisitemia

Munculnya penyakit polisetemia ditandai dengan produksi sel darah merah yang berlebihan, akibatnya terjadi pengentalan dalam darah sehingga membuat darah yang berjalan pada arteri menjadi lambat, hal ini dapat memicu penggumpalan darah yang menyebabkan jaringan dapat mati karena tidak dapat berfungsi dengan baik. Indikasi penyakit polisetemia adalah sakit pada area kepala dan pusing.

2. Penyakit Talasemia

Bila pada polisitemia sel darah merah terlalu kuat pengaruhnya, pada penyakit talasemia, sel darah merah mudah sekali rapuh. Jadi, sebelum sel darah merah memproduksi sel baru, sel darah merah yang lama sudah rapuh, akibatnya pasokan sel darah merah akan kurang, sehingga kadar oksigen yang diperlukan juga akan terhambat.

3. Penyakit Anemia

Penyakit anemia bukan dikarenakan rusaknya sel darah merah seperti ada talasemia, namun pada penyakit ini sel darah merah memang sedikit jumlahnya. Hal ini karena tubuh kekurangan bahan atau zat-zat tertentu dalam memproses pembentukan sel darah merah.

4. Penyekit Leukemia
Penyakit leukimia disebabkan karena tubuh memproduksi sel darah putih secara berlebihan. Sel darah putih berguna sebagai pelindung tubuh untuk melawan penyakit, namun apabila sel ini terlalu berlebihan, bukannya melindungi tubuh dari penyakit, sel akan menyerang tubuh atau sel-sel lain, seperti sel darah merah.

5. Penyakit Agranulositosis
Berbeda dengan leukimia, penyakit Agranulositosis diakibatkan karena sel darah putih tidak bekerja dengan baik, sehingga tubuh tidak dapat melawan bakteri, virus dan bakal-bakal penyakit yang menyerang.

6. Penyakit Trombositopenia
Penyakit Trombositopenia disebabkan karena darah mengandung keping darah dalam jumlah yang sedikit

7. Penyakit Hemofilia
Penyekit hemofilia adalah penyakit yang ditandai dengan darah sukar membeku. Penyakit ini juga berhubungan dengan keping darah yang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

8. Penyekit Fibrilasi Atrium
Penyekit Fibrilasi atrium disebabkan oleh atrium yang berdenyut tidak beraturan dan sangat cepat.

9. Penyakit Varises
Penyakit varises dikarenakan ada pelebaran pada vena

10. Penyakit Hipertensi
Penyakit Hipertensi terjadi karena tekanan darah seseorang berada diatas normal, sehingga dapat berakibat pecahnya arteri dan pembuluh kapiler.

11. Penyakit Hipotensi
Penyakit Hipotensi merupakan kebalikan dari hipertensi, jadi tekanan seseorang berada dibawah normal.

12. Penyakit Hemorage
Penyakit Hemorage terjadi karena arteri atau vena mengalami pendarahan.

13. Penyakit Flebitis
Penyakit Flebitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada vena, hal ini dapat disebabkan oleh abses yang ada di luar pembuluh darah.

Itulah beberapa penyakit pada sistem peredaran darah manusia yang dapat dijelaskan pada artikel ini, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5