http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 04 November 2015

Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri - ciri Pembuluh Balik Vena

Pengertian, fungsi, jenis, ciri-ciri pembuluh balik vena - pengertian Pembuluh balik vena merupakan salah satu pembuluh darah yang tugasnya membawa darah ke jantung. Darah yang akan di bawa oleh pembuluh balik vena merupakan darah yang bersal dari kapiler yang ada di dalam jaringan tubuh untuk kembali kepada jantung. Pembuluh balik vena bentuknya tidak elastis, dan ukurannya lebih kecil dari pembuluh nadi serta memiliki dinding yang lebih tipis. Pada saat darah kembali ke jantung, pembuluh balik vena akan medapat tekanan. Tekanan ini terkadang dapat membuat darah yang tadinya menuju jantung akan kembali lagi menjauh dari jantung, maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi, pembuluh balik vena mempunyai katup-katup yang jumlahnya banyak, hal ini sebagai upaya agar darah berjalan dengan normal.

Pembuluh balik vena terdiri dari 2 jenis. Jenis pembuluh balik vena yaitu pembuluh balik vena besar bagian atas dan pembuluh balik vena besar bagan bawah. Pembuluh balik vena besar bagian atas memiliki tugas untuk menerima dan mengangkut darah dari bagian atas tubuh manusia. Sedangkan pembuluh balik vena besar bagian bawah fungsinya untuk menerima dan mengankut darah bada bagian dari tengah ke bagian bawah tubuh manusia.

Pembuluh balik vena beraa dibawah kulit, namun denyutan pada pembuluh ini tidak terasa karena memiliki tekanan darah yang rendah, hal ini merupakan usaha tubuh agar terhindar dari kehilangan banyak darah saat terjadi luka, karena darah akan hanya menetes sampai darah dapat membeku dan menghentikan pendarahan. Pembuluh balik vena ini dilewati oleh darah yang terkandung karbon dioksida didalamnya.

Jenis pembuluh balik vena ada 4 macam yaitu:

1. Vena Pulmonalis pembuluh vena ini merupakan tempat darah yang mengandung oksigen yang dihirup oleh paru-paru untuk dibawa oleh pembuluh ini menju jantung. Pembuluh vena ini memiliki 2 jenis teridi dari vena pulmonalis bagian kiri dan vena pulmonalis bagian kanan.

2. Vena cava yaitu pembuluh balik vena yang tugasnya membawa darah pada tubuh manusia menuju ke jantung bagian atrium kanan. Jenis vena cava ada 2 yaitu vena cava superior dan interior.

3. Vena Superfisialis merupakan pembuluh balik vena cava yang letaknya berada di dibawah kulit.

4. Vena Dalam: merupakan pembuluh darah balik vena yang selal bersisian dengan arteri, tersimpan di selubung pembungkus keduanya.

Ciri-ciri pembuluh balik vena diantaranya: pembuluh balik vena memiliki dinding-dinding yang tipis dibandingkan dengan pembuluh nadi, pembuluh balik vena merupakan pembuluh yang tidak memiliki elastisitas, pembuluh balik vena memiliki diameter yang lebih lebar dari diameter pembuluh nadi, pembuluh balik vena terletak di bawah kulit atau permukaan tubuh, pembuluh balik vena memiliki warna kebiru-biruan, pembuluh balik vena memiliki ukuran kira-kira 1,5 cm, pembuluh balik vena memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi.
Rating: 4.5