http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 06 November 2015

Macam - Macam Pembuluh Darah

Macam - Macam Pembuluh Darah - pembuluh darah merupakan saluran tempat darah mengalir. Menurut alirannya, pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik. Pembuluh nadi merupakan saluran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan pembuluh balik merupakan salurah darah dari seluruh tubuh menuju jantung.

Berikut penjelasan tentang macam-macam pembuluh darah:

1. Pembuluh nadi

Pembuluh nadi adalah pembuluh yamng membawa darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh nadi utama menyatu pada bilik kanan dan kiri jantung, pembuluh ini disebut oarta. Oarta pada bilik kiri akan mengalirkan darah yang mengandung oksigen. Setelah dari oarta, darah akan mengalir pada pembuluh nadi besar.

Arteri berada dibawah kulit agak ke dalam serta memiliki lapisan tebal. Denyutan pada pembuluh nadi akan terasa pada daerah tertentu. Seperti pergelangan tangan dan leher bagian atas. Oarta pada bilik kanan disebut pulmonalis. Pulmonalis akan bercabang menjadi dua bagian, yaitu pembuluh yang menyatu pada paru kanan dan paru kiri.

2. Pembuluh balik

Pembuluh balik merupakan tempat mengalirnya darah yang mengandung karbondioksida. Pembuluh balik memiliki lapisan yang lebih tipis daripada pembuluh nadi karena darah mengalir lambat pada pembuluh ini. Pembuluh balik letaknya berada di bawah permukaan kulit dan denyutannya tidak terasa. Pembuluh balik terdiri dari pembuluh balik besar serta pembuluh balik paru. Pembuluh balik besar merupakan tempat mengalirnya darah yang mengandung karbondioksida dan mengalirkannya ke jantung sebelah kanan, yakni serambi kanan dan bilik kanan. sedangkan pembuluh balik paru merupakan tempat masuk darah yang mengandung oksigen dari paru ke jantung.

Pembuluh balik besar terdiri dari pembuluh balik besar atas dan pembuluh balik besar bawah. Pembuluh balik besar atas berguna untuk membawa darah yang mengandung karbondioksida pada bagian atas tubuh, seperti kepala, leher dan tangan. Sedangkan pembuluh balik besar bawah berguna untuk membawa darah yang mengandung karbondioksida pada bagian bawah tubuh, seperti kaki dan organ-organ lain.

Pembuluh balik besar memiliki cabang lagi yang bernama vena, pembuluh ini memiliki ukuran lebih kecil dari pada pembuluh balik besar. Pembuluh balik yang memiliki ukuran paling kecil bernama venule.

Pembuluh balik yang menghubungkan paru-paru dengan jantung disebut vena pulmonalis. Pembuluh ini ada di bagian kanan dan kiri jantung yang menghubungkan pada paru kiri dan paru kanan. Pembuluh ini berguna untuk mengalirkan darah yang mengandung oksigen dari paru-paru ke serambi kiri dan menuju bilik kiri.

3. Pembuluh kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menghubungkan antara pembuluh nadi terkecil dan pembuluh balik terkecil. Pembuluh kapiler memiliki dinding yang tipis dan halus, ukurannya sekitar 7,5 mikron.

Itulah beberapa penjelasan tentang macam-macam pembuluh darah, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5