http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 06 November 2015

Kerajaan Budha di Indonesia

Kerajaan Budha di Indonesia - Agama budha merupakan salah satu agama yang berasal dari India, masuknya agama Budha ke Indonesia hampir bersamaan waktunya dengan agama Hindu. Agama Budha mendahului terlebih dahulu dari pada agama Hindu, namun persebarannya lebih agama Hindu, hal ini terlihat dari banyaknya keberadaan kerajaan Hindu di Indonesia daripada agam Budha di Indonesia . berikut beberapa kerajaan Budha di Indonesia:
  • Kerajaan Budha Kalinga
Kerajaan Budha Kalinga dibangun pada abad 6 M tepatnya di Jawa Tengah, Kerajaan Budha Kalinga dipimpin seorang ratu yang dikenal dengan Ratu Shima. Kerajaan Budha Kalinga meninggalkan beberapa prasasti seperti prasasti Tuk Mas yang pada saat itu didapatkan dari lereng Gunung Merbabu di desa Dakawu, Jawa Tengah.
  • Kerajaan Budha Sriwijaya
Kerajaan Budha Sriwijaya dibangun pada abad 7 M oleh seorang raja bernama Pertaman Sri Jayanegara. Kerajaan Budha Sriwijaya berpusat di daerah Palembang, SumSel. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa Kerajaan Budha Sriwijaya mengalami masa keemasan. Raja Balaputradewa sendiri merupakan putra mahkota Sumaratunggayang berasal dari Jawa. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Budha Sriwijaya mengusai seluruh daerah Sumatra, Kalbar, Semenanjung Melayu serta Jawa Barat. Maka dari itu Kerajaan Budha Sriwijaya mendapat sebutan Kerajaan Nusantara. Kerajaan Budha Sriwijayameninggalkan beberapa sejarah, diantaranya: dua candi yang terdiri dari Candi Muara Takus dan Candi Biara Bakal, beberapa Prasasti diantaranya: Prasati Kedukan Bukit, Prasati Telaga Batu, Prasasti Karang Berahi, Prasati talang Tuo, Prasasti Kota Kapur. Baca: Kerajaan Budha Tertua yang Ada di Indonesia
  • Kerajaan Budha Mataram 
Kerajaan Budha Mataram merupakan kerjaaan yang pada awalnya adalah kerajaan Hindu, namun saat kerajaaan ini jatuh ketangan Dinasti Syailendra, kerajaan Mataram menjadi Kerajaan Budha Mataram. Kerajaan Budha Mataram meninggalkan beberapa sejarah, diantaranya: beberapa candi yang terdiri dari: Candi Kalasan di Jawa Tengah, Candi Sewu di Jawa Tengah, Candi Borobudur di Jawa tengah, Candi Plaosan di Jawa Tengah serta Candi Mendut di Jawa Tengah. Dan peninggalan sejarah berupa beberapa Prasasti, Prasasti-Prasasti tersebuat antara lain:
  • Prasasti Kalasan dibuat pada abad 778 Masehi, prasasti ini berisi tentang kisah seoarang raja berasal dari Dinasti Sanjaya yang berhasil membuat Raja Rakai Panaangkaran untuk membangun sebuah tempat suci untuk Dewi Tara serta membangun wihara yang diperuntukkan untuk para biksu yang berada di Kalasan.
  • Prasasti Ratu Boko yang dibuat pada abad 856 Masehi, prasasti ini berisi tentang kekalahan Raja Balaputradewa pada perang yang melawan kakak iparnya sendiri yaitu Raja Rakai Pikatan.
  • Prasasti Sojomerto, prasasti ini berisi tentang hikayat yang menceritakan seseorang bernama Raja Syailendra, yang menganut agama Budha.
  • Prasasti Sangkhara, prasasti ini berisi tentang Raja Hakai Panangkaran yang awalnya beragama Hindu dan berpindah keyakinan pada Buddha.
  • Prasasti Kluraj dibuat pada abad 782 Masehi, prasasti ini berisi tentang pembuatan arca yang diberi nama arca Manjusri, arca ini merupakan perwujudan dari Buddha Wisnu, dan Sanggha yang menyerupai dengan Trimurti yaitu, dewa Brahmana, dewa Wisnu serta dewa Siwa.
Itulah beberapa penjelasan tentang kerajaan Budha di Indonesia beserta peninggalannya, semoga bermanfaat. Baca: Kerajaan di Indonesia
Rating: 4.5