http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 03 Oktober 2015

Reaksi Gelap Dan Terang Pada Fotosintesis

Reaksi gelap dan terang pada fotosintesis - Anabolisme merupakan sebuah peristiwa terjadinya penyusunan zat dari suatu senyawa yang sifatnya sederhana menjadi suatu senyawa yang sifatnya jauh lebih kompleks dan berlangsung pada tubuh setiap makhluk hidup. 
 
Terjadinya penyusunan suatu senyawa kimia tersebut pada umumnya akan membutuhkan sebuah energi, seperti energi cahaya yang sangat dibutuhkan dalam sebuah proses fotosintesis dan juga energi kimia yang sangat dibutuhkan dalam proses kemosintesis. Pada kesempatan yang satu ini, saya akan membahas seputar masalah foto sintesis.

Setiap jenis organisme yang melakukan sebuah proses fotosintesis misalnya saja pada tumbuhan dan juga algae akan menghasilkan suatu bahan organik yang dihasilkan untuk biosfer. Bahan organik yang dihasilkan tersebut merupakan salah satu sumber energi utama dalam hal pertumbuhan, hal perkembangan, dan juga dalam hal pemeliharaan.

Fotosintesis itu sendiri asal katanya adalah foton yang memiliki arti cahaya dan sintesis itu memiliki arti penyusunan. Jadi, yang dimaksud dengan proses fotosintesis itu merupakan sebuah proses penyusunan suatu bahan organik berupa karbohidrat dari zat H2O dan zat CO2 dengan menggunakan bantuan berupa energi cahaya.

Proses fotosintesis ini hanya bisa dilakukan oleh setiap jenis tumbuhan yang memiliki klorofil saja, yaitu sebuah pigmen yang memiliki fungsi sebagai alat penangkap energi cahaya matahari. Jadi, proses fotosintesis itu adalah suatu transformasi energi yang berasal dari sebuah energi cahaya matahari yang dikonversi menjadi sebuah energi kimia dan terikat pada suatu molekul karbohidrat.

Fotosintesis pada setiap tumbuhan akan berlangsung pada dua buah tahapan reaksi, yaitu tahapan reaksi terang atau light-dependent reaction danyang satunya lagi adalah tahapan reaksi gelap atau light-independent reaction. Reaksi terang akan berlangsung apabila terdapat sebuah cahaya, dan sebaliknya reaksi gelap akan berlangsung tanpa membutuhkan sebuah cahaya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut mengenai reaksi gelap dan reaksi terang pada fotosintesis.

Reaksi gelap fotosintesis

Reaksi gelap fotosintesis itu adalah sebuah reaksi yang bersifat reaksi lanjutan dari adanya sebuah reaksi terang. Reaksi gelap merupakan sebuah proses fotosintesis yang tidak memerlukan energi cahaya. Reaksi gelap ini terjadi di dalam kloroplas yang sering disebut dengan istilah stroma. Bahan dari reaksi gelap ini meliputi ATP dan juga NADPH, yang mana bahan tersebut dihasilkan dari adanya reaksi terang, serta CO2, yang dihasilkan dari sebuah udara yang bebas.

Dari tahapan reaksi gelap tersebut akan dihasilkan sebuah zat berupa glukosa atau C6H12O6, yang dibutuhkan untuk keperluan reaksi katabolisme. Reaksi gelap ditemukan oleh seorang ahli bernama Melvin Calvin dan juga Andrew Benson, maka dari itu reaksi gelap juga disebut dengan istilah reaksi Calvin Benson.

Reaksi terang fotosintesis

Reaksi terang merupakan tahapan yang pertama dari adanya sistem fotosintesis. Reaksi terang fotosintesis ini sangat bergantung pada sinar matahari. Reaksi terang fotosintesis itu merupakan suatu penggerak untuk reaksi pengikatanzat CO2 dari udara.

Reaksi terang akan melibatkan beberapa buah kompleks protein yang berasal dari suatu membran tilakoid dan terdiri dari suatu sistem cahaya, sistem pembawa zat elektron, serta komplek protein dalam pembentuk ATP atau enzim ATP sintase. Reaksi terang akan merubah suatu energi cahaya menjadi suatu energi kimia, dan akan mendaptkan oksigen serta merubah ADP dan NADP menjadi suatu energi pembawa ATP dan NADPH. Reaksi terang fotosintesis terjadi pada tilakoid.
Rating: 4.5