http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 19 Oktober 2015

Pengertian, Fungsi, Sifat Dan Bagian-Bagian Akar

Pengertian, fungsi, sifat dan bagian-bagian akar – Pada kesempatan ini saya masih akan membahas seputar tumbuhan. Anda semua pastinya sudah tahu, bahwa ada banyak sekali tumbuhan yang ada di dunia ini. Dan jika anda mau untuk mencermati dan mempelajari tentang tumbuhan secara lebih rinci, maka anda akan tahu bahwa tumbuhan itu sendiri terbagi atas beberapa bagian dalam tubuhnya. Salah satu dari bagian tersebut adalah akar.

Sudah tahukah anda bahwa tumbuhan itu memiliki akar? Akar pada tumbuhan itu biasanya berada pada bagian bawah tumbuhan yaitu terdapat didalam tanah, meskipun tidak semua akar jenis tumbuhan terkubur dalam tanah. Ada beberapa tumbuhan yang akarnya tidak tekubur dalam tanah salah satu contohnya adalah tumbuhan eceng gondok. Akar yang dimiliki oleh tumbuhan ada yang memiliki sifat bisa tumbuh dan membesar dan adapula yang memiliki sifat tidak dapat tumbuh dan membesar.

Sehubungan dengan hal tersebut, disini saya juga akan mengulas seputar akar, khususnya tentang bagian bagian akar, pengertian akar, fungsi akar, dan juga sifat akar. Semua itu akan saya ulas pada satu buah judul diatas yaitu pengertian, fungsi, sifat dan bagian-bagian akar. Untuk dapat mengetahuinya dengan jelas, simaklah penjelasannya berikut ini.

Pengertian dan sifat akar

Pertama saya akan membahas tentang pengertian dan sifat akar terlebih dahulu. pengertian dari akar itu sendiri adalah organ pada tumbuhan yang pada umumnya ada di dalam tanah atau terkubur oleh tanah jadi tidak terlihat oleh mata, namun tidak semua akar tumbuhan itu terkubur oleh tanah karena pada beberapa jenis tumbuhan tertentu, ada juga akar yang sifatnya menjulang dan berada di atas tanah, contohnya adalah tumbuhan anggrek epifit.

Akar juga merupakan organ pada tumbuhan yang digunakan untuk menyerap kandungan mineral dan juga kandungan air yang terdapat di dalam tanah. Air dan juga mineral yang telah diserap oleh akar akan digunakan untuk tumbuh. Nah, dari pengertian diatas dapat untuk kita simpulkan bahwa sifat akar adalah tumbuh dan membesar di dalam tanah dan juga ada sebagian akar tumbuhan yang bersifat menjulang dan berada di atas tanah.

Bagian-bagian dan fungsi akar

Setelah anda mengetahui tentang pengertian dan sifat akar, selanjutnya anda juga harus mengetahui tentang bagian-bagian dan fungsi akar. Bagian bagian akar itu sendiri bisa dibagi menjadi tiga buah bagian yaitu :
  1. Pangkal akar. Pangkal akar terletak antara perbatasan dari bagian akar dan juga bagian batang tumbuhan.
  2. Batang akar. Batang akar terletak antara bagian pangkal akar dan juga ujung akar. 
  3. Ujung akar. Ujung akar terletak pada bagian yang paling ujung atau yang paling muda.
Mengetahui tentang pengertian, sifat dan juga bagian bagiannya saja, itu belum cukup. Untuk itu anda juga harus mengetahui tentang fungsi akar. Fungsi akar itu sendiri adalah :
  1. Sebagai alat yang digunakan untuk menyerap air dan juga zat hara yang terdapat di dalam tanah.
  2. Sebagai alat yang digunakan untuk menyongkong tumbuhan. 
  3. Sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. 
  4. Sebagai alat untuk melakukan perkembangbiakan yang dilakukan secara vegetative.
Rating: 4.5