http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 05 Oktober 2015

Metagenesis Tumbuhan Paku Dan Lumut

Metagenesis tumbuhan paku dan lumut – Pada postingan artikel kali ini masih akan membahas seputar ilmu biologi yang lebih dipusatkan pada masalah tumbuhan. Sebagai salah satu makhluk hidup yang paling sempurna dan paling cerdas di muka bumi ini, pastinya anda semua sudah mengetahui apa itu tumbuhan. Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di muka bumi ini yang dapat membantu terjaganya kelangsungan hidup manusia.

Saat ini saya akan membahas seputar tumbuhan. Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa di dunia ini sebetulnya ada banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup. Baik itu yang bermanfaat untuk kehidupan manusia ataupun yang tidak bermanfaat. Jenis tumbuhan yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah jenis tumbuhan paku dan juga jenis tumbuhan lumut. Saya sangat yakin jika anda sekalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan ke dua jenis tumbuhan tersebut.

Tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut adalah jenis tumbuhan yang paling banyak tumbuh di sekitar lingkungan kita, untuk itu anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan ke dua jenis tumbuhan tersebut. Yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah mengenai masalah metagenesis tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut. Untuk lebih jelasnya langsung saja yuk kita bahas.

Metagenesis tumbuhan paku

Metagenesis tumbuhan paku merupakan sebuah bagian dari adanya mekanisme pada reproduksi tumbuhan ini. Sistem reproduksi generatif pada tumbuhan paku tersebut dilakukan dengan melalui sebuah proses peleburan pada spermatozoid dan juga ovum. Sistem reproduksi vegetative pada tumbuhan paku akan membentuk sebuah spora. Reproduksi yang generatif serta reproduksi yang vegetatif pada tumbuhan paku akan berlangsung dengan cara yang bergantian dengan suatu pergiliran pada keturunan yang lebih sering disebut dengan istilah metagenesis.

Metagenesis pada tumbuhan paku yang memiliki sifat heterospora, akan berbeda jika dilihat dari protalium danjuga spora yang akan dihasilkannya, sebab adanya sebuah istilah makro dan juga mikro. Yang harus anda sadari dalam hal ini adalah bahwa metagenesis yang secara utuh tidak akan terjadi pada satu tumbuhan namun terjadi pada reproduksi diantaranya, dalam hal ini dapat diartikan bahwa dalam metagenesis pada tumbuhan paku itu akan terjadi sebuah proses pembentukan anakan paku yang baru, bukan hanya terjadi pada satu jenis spesies saja.

Metagenesis tumbuhan lumut 

Metagenesis tumbuhan lumut diawali dari proses berkecambahnya spora apabila jatuh pada daerah yang cocok dan habitatnya hidup dan kemudian akan tumbuh menjadi suatu protalium atau istilah lainnya adalah protonema. Protonema itu sendirr ada yang berhasil untuk tumbuh dan membesar dan ada pula yang tidak berhasil untuk tumbuh, hal ini biasanya terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor.
Rating: 4.5