http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 07 Oktober 2015

Manfaat Penghijauan

Manfaat penghijauan - Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pemanasan global. Bukan hanya sekedar tidak asing mendengar istilahnya saja, melainkan kita sudah tidak asing lagi dengan peristiwanya. Dampak dari adanya pemanasan global di lingkungan kita pada saat ini sudah bukan merupakan suatu isu lagi, namun sudah menjadi sebuah fakta nyata yang tengah dialami oleh masyarakan pada saat ini.

Pemanasan global itu sendiri dapat menyebabkan terjadinya perubahan siklus musim yang menjadi sangat susah untuk diprediksi. Fakta yang sangat nyata dari adanya pemanasan global pada saat ini adalah dengan ditandai oleh adanya musim kemarau yang berkepanjangan dan mengakibatkan terjadinya kekeringan dimana mana atau terjadinya keadaan yang sebaliknya yaitu adanya curah hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan terjadinya banjir.

Sebuah aksi nyata yang sebetulnya bisa digunakan untuk mencegah suatu keadaan agar tidak semakun memburuk karena adanya pemanasan global yaitu dengan adanya pemeliharaan dan penjagaan lingkungan alam pada saat ini. Berbagai jenis konsep pemeliharaan terhadap lingkungan sebetulnya telah dibentuk oleh salah satu badan organisasi internasional serta oleh para komunitas dari dalam negeri. Aksi nyata tersebut yang bisa untuk anda lakukan pada saat ini adalah dengan dilakukannya tindakan penghijauan pada lingkungan.

Penghijauan lingkungan

Penghijauan lingkungan dapat dimulai dari skala makro yaitu dengan adanya pemetaan luas hutan konservasi serta konsistensi pada perlindungan terhadap hutan konservasi yang ada pada satu daerah ataupun satu kabupaten dan juga negara. Adapun dari skala mikro dapat dimulai dari adanya penghijauan untuk wilayah perkotaan. Masalah lingkungan yang terjadi seperti masalah tentang memburuknya suatu kualitas udara yang ada pada daerah perkotaan serta adanya masalah air bersih yang banyak disebabkan karena semakin memburuknya suatu kondisi daerah mengenai masalah resapan air.

Daerah resapan air itu yang seharusnya dijadikan sebagai salah satu zona hijau tetapi sekarang sudah banyak yang beralih fungsi menjadi suatu kawasan bangunan. Banyaknya jumlah bangunan yang telah dibangun pada zona hijau menyebabkan terjadinya pemanasan kota terpusat dan disebut dengan sitilah Urban Heat Island. Pemanasan terpusat tersebut akan dapat meningkatkan temperature suhu panas yang terjadi di kota kota, sehingga hal ini membuat penggunaan air conditioner dalam suatu gedung menjadi bertambah.

Penghijauan merupakan sebuah aksi yang nyata yang bisa untuk menyelamatkan kondisi lingkungan agar tidak semakin memburuk. Dengan adanya penghijauan, masalah pada lingkungan seperti terjadinya banjir, masalah kesulitan mendapatkan air bersih, dan juga masalah lainnya akan bisa teratasi dan bisa berkurang. Penghijauan lingkungan merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan demi menyelamatkan lingkungan.

Manfaat penghijauan

Penghijauan lingkungan itu sendiri memiliki berjuta juta manfaat untuk kita dan juga untuk lingkungan tempat tinggal kita. Berikut adalah beberapa contoh manfaat penghijauan untuk kita dan juga lingkungan :
  1. Untuk mencegah terjadinya banjir
  2. Untuk menjaga sebuah kualitas air yang berasal dari dalam tanah 
  3. Untuk mengurangi adanya polusi udara yang kotor 
  4. Untuk mencegah terjadinya dampak rumah kaca 
  5. Untuk mengurangi jumlah dari partikel debu
Rating: 4.5