http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 31 Oktober 2015

Jenis-Jenis, Tujuan dan Fungsi Norma

Jenis-Jenis, Tujuan dan Fungsi Norma - Norma merupakan suatu aturan maupun tata tertib yang merupakan acuan bagi seseorang dalam bertingkah laku di damana suatu norma itu berlaku, norma dapat bersifat memaksa ataupun bersifat anjuran dimana sama-sama memiliki sanksi bagi yang melanggar keduanya. Sebenarnya norma diciptakan untuk kepentingan masyarakat agar tidak terjadi kebingungan dalam menentukan baik dan sebenarnya suatu tindakan sehinggan norma dapat menjadi alat yang dapat menyelaraskan kehidupan masyarakat yang menjalankannya. Ada beberapa jenis norma yang akan membedakan sifatnya.

Berikut jenis-jenis norma :

1. Norma Agama

Merupakan suatu norma yang didasarkan pada agama. Norma ini bersifat mutlak yang menuntut keharusan bagi yang mempercayainya. Contoh bagi orang islam diwajibkan menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT seperti solat, berpuasa dan lain sebagainya serta menjauhi larangan-Nya, bagi orang kristen diharuskan Mengikuti teladan Yesus Kristus, bagi yang beragama hindu dan budha diwajibkan memberi sesembahan kepada yang Tuhannya. Bagi yang tidak menjalankan norma ini akan mendapatkan dosa, namun norma ini hanya berlaku bagi seseorang yang memiliki agama, bagi orang atheis norma ini tidak berlaku.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan dibuat berdasar nurani manusia, seperti tidak boleh menyakiti sesama manusia, membantu orang yang membutuhkan dan masih banyak lagi. Intinya norma ini menuntut ketulusan dan kebaikan hati seseorang dalam bertingkah laku.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan dibuat berdasar pada bagaimana seharusnya orang bertingkah laku agar orang lain dapat menerimanya dan tidak merasa tidak nyaman atau tersinggung akibat perilakunya. Misalnya harus menghormati orang yang lebih tua. Berpakaian yang menutupi aurat saat menghadiri pengajian.

4. Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan ada didasarkan pada perilaku yang berulang-ulang dan dapat diterima masyarakat atau anggota lainnya, sehingga mencontoh perilaku tersebut dan menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Misalkan dijawa ada acara 4 bulanan atau selamatan bagi perempuan yang sedang hamil, atau makan itu harus duduk, atau tradisi silaturrahmi di indonesia yang sudah menjadi kebiasaan saat lebaran. Di negara lain mungkin tidak menganut norma ini, jadi norma ini hanya berlaku di suatu tempat dan tidak mewajibkan harus menjalankan norma ini namun seseorang yang tidak mengikuti norma ini akan dianggap aneh bagi yang meyakininya.

5. Norma Hukum

Norma hukum adalah norma yang didasarkan pada peraturan yang berlaku di suatu negara, bersifat memaksa dan akan adanya sanksi yang jelas bagi yang melanggar. Contoh orang yang melakukan pembunuhan berencana akan dihukum dan dipenjara seumur hidup sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Setiap negara memiliki peraturan yang jelas sendiri-sendiri. Peraturan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan berpedoman pada keempat norma sebelumnya.

Tujuan Norma

Norma memiliki tujuan yang baik bagi setiap anggotanya, tujuan norma adalah menjadi pedoman, dasar, arahan dan tata tertib bagi anggota masyarakat dimana norma itu berlaku agar tercipa masyarakat yang teratur dan tentram serta terjadi keselarasan bagi setiap anggotanya agar dapat hidup nyaman dan tentram. 

Fungsi Norma

Sedangkan menurut fungsinya norma memiliki banyak fungsi bagi anggotanya, berikut fungsi norma

· Mancipatakan kenyamanan, kemakmuran serta kebahagiaan dagi anggotanya

· Mencitakan keselarasan hubungan setiap anggotanya

· Menjadi petunjuk bagaimana menjalin suatu hubungan antar anggota

· Menciptakan suasana yang tertib dan tentram bagi anggotanya

Jadi pada intinya norma berfungsi sebagai landasan atau arahan bagaimana menjalani hidup yang nyaman bagi setiap anggotanya, apabila setiap anggota dapat merasakan nyaman menjalani hidup hal ini akan menjadi kenyamannan bersama sehingga tercipta keselarasan dan ketentraman hidup.
Rating: 4.5