http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 13 Oktober 2015

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Fungsi bunga pada tumbuhan – Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini. Tumbuhan yang ada di dunia ini ada banyak sekali jenis dan macamnya, dan ada diantaranya yang dapat dijadikan sebagai sumber bahan makanan untuk manusia. Selain dapat dijadikan sebagai sumber bahan pangan, tumbuhan juga bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya seperti untuk pembangunan dan yang lain lain.

Tumbuhan yang ada di dunia ini memiliki bagian bagian masing masing dan bagian bagian tersebut juga memiliki fungsi masing masing. Bagian bagian dari tumbuhan diantaranya adalah akar, batang, daun, bunga, dan juga buah. Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang salah satu dari bagian tumbuhan tersebut yaitu bunga. Di kesempatan ini saya akan bahas tentang fungsi bunga pada tumbuhan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, anda dapat simak pada uraian di bawah ini.

Bunga pada tumbuhan

Bunga pada tumbuhan tidak akan bisa terbentuk sebelum terbentuknya jaringan yang merupakan sebuah tempat dimana bunga tersebut akan muncul. Bunga akan terbentuk ketika tempat atau jaringan tersebut sudah mencapai pada tahap kematangan atau maturity akantetapi belum sampai pada keadaan yang terlalu tua. Namun, jika pada sebuah tumbuhan yang berbentuk pohon, terdapat suatu jaringan yang baru terbentuk alias masih berkembang atau juvenile, hal ini akan dapat mempersulit terbentuknya bunga.

Jaringan yang telah mencapai pada sebuah tahap kematangan itu sendiri sering kali ditandai dengan adanya nisbah karbon dan juga nisabah nitrogen yang tinggi. Kandungan karbon yang tinggi tersebut terjadi karena banyaknya kandungan metabolit yang tertimbun dalam bentuk poliskardia pada jaringan itu. dalam hal ini proses pembentukan bunga sangat membutuhkan adanya energi yang sangat besar.

Bunga merupakan bagian daun dan juga batang di sekelilingnya yang telah termodifikasi. Modifikasi tersebut disebabkan karena adanya enzim yang dihasilkan dari suatu rangsangan oleh beberapa jumlah fitohormon. Bunga bisa saja muncul secara tunggal dan bisa juga secara bersamaan dalam satu bentuk rangkaian. Bunga yang muncul dengan bersama sama itu disebut dengan bunga majemuk. Jika ditinjau secara botani, bunga merupakan bagian dari pada tumbuhan yang berfungsi untuk menghasilkan biji. Adapun fungsi bunga pada tumbuhan akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah ini.

Fungsi bunga pada tumbuhan

Fungsi bunga pada tumbuhan, secara biologi fungsi adalah sebagai salah satu organ seksual, yaitu sebagai wadah untuk menyatunya gamet yang jantan atau mikrospora dengan gamet yang betina atau makrospora guna menghasilkan biji. Ada beberapa tumbuhan yang memiliki bunga dengan warna yang cerah sehingga akan berfungsi untuk memikat perhatian dari hewan hewan agar bisa mendekat dan dapat membantu terjadinya penyerbukan. Jadi secara biologi fungsi bunga pada tumbuhan adalah sebagai alat untuk melakukan perkembangbiakan yang dilakukan secara generative.
Rating: 4.5