http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 30 Oktober 2015

Contoh Pelanggaran Norma Agama dan Kesusilaan

Contoh pelanggaran norma agama dan kesusilaan - Manusia merupakan makhluk sosial yang harus hidup berkelompok dan bermasyarakat oleh karena itu ada konsekwensi yang harus diterimanya. Konsekwensi tersebuat merupakan seperangkat aturan yang harus dipathi, aturan tersebut sebenarnya juga untuk kepentingan anggota masyarakatnya sendiri, agar tercipta kehidupan yang tentram, aman dan damai. Norma atau aturan yang dibuat tersebut dapat dijadikan pedoman oleh setiap anggota masyarakatnya, sehingga setiap anggota masyarakat dapat mengetahui hal yang menjadi hak dan kewajibannya.

Norma merupakan seperangkat peraturan yang mengikat pribadi manusia serta mengatur pribadi manusia atau antar manusia serta mengatur manusia dengan kelompoknya dan mengatur kelompok yangsatu dengan kelompok lainnya. Menurut isi wujudnya norma dapat berupa:

1. Perintah,

Perintah dalam norma merupakan perilaku yang harus dilakukan karena dianggap bermanfaat

2. Larangan,

Larangan dalam norma merupakan perilaku yang harus dihindari karenan dianggap tidak bermanfaat dan berdampak buruk

Sejak dalam awal kehidupannya manusia sudah dibatasi oleh aturan-aturan yang berlaku yang akhirnya mempengaruhi tingkah laku serta perkembangannya. Pada awal kehidupannya peraturan yang berlaku berasal dari dalam keluarga yang nantinya meluas ke lingkungannya dan semakin bertambah usia akan semakin luas cangkupan peraturan itu. Manfaat norma adalah memberikan arahan

Norma-norma yang berlakuu dapat dipertahankan oleh adanya sanksi yang bermacam-macam tergantung seberapa berat pelanggaran tersebut yang akan didapatkan seseorang apabila ia melanggar norma.

Norma agama adalah salah satu bagian norma yang bersumber dari landasan agama, perintah dan larangan Tuhan suatu agama yang didapatkan melalui wahyu para nabi-Nya. Bagi orang yang percaya akan agama, perintah Tuhan adalah hal mutlak yang wajib dipatuhi, dijalankan dan dilaksanakan, tanpa ada pengecualian. Norma agama tdak hanya mengatur tentang hubungan antar manusia tersebut dengan Tuhannya, namun juga mengatur tentang hubungan antara manusia dengan manusia lainnya, manusia tersebut dengan lingkungannya serta mengatur tentang bagaimana hubungan manusia tersebut dengan makhluk Tuhan lainnya. Bagi orang yang melanggar norma agama akan mendapat dosa yang harus diterima saat meninggal nanti. 

Contoh pelanggaran norma agama:

· Tidak menjalankan solat 5 waktu dan puasa saat ramadhan

· Menyakiti anak yatim

· Membunuh, mencuri, menipu

· Tidak membayar zakat fitrah, zakat maal

· Mampu namun tidak melaksanakan ibadah haji

· Tidak percaya Tuhan, dll

Sedangkan norma kesusilaan merupakan aturan yang berdasar kebaikan hati yang ada pada setiap diri manusia. Bagi orang yang melanggar norma kesusilaan akan dikucilkan dan di cemooh, Contoh pelanggaran norma kesusilaan misalnya : berkata bohong, berlaku curang, memfitnah orang lain, menganiaya orang lain, merendahakan orang lain karena hartanya, memarahi orang yang tidak bersalah, menipu orang lain, mengambil hak orang lain, dan masih banyak lagi.
Rating: 4.5