http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 11 Oktober 2015

Ciri Ciri Spermatophyta

Ciri ciri spermatophyta - Tumbuhan Spermatophyta atau jenis tumbuhan berbiji ini meliputi semua jenis tumbuhan yang berpembuluh dan melakukan proses reproduksi dengan cara generatif yaitu membentuk biji. Dalam suatu biji terdapat adanya calon individu yang baru atau embrio sporofit maupun suatu lembaga serta tersedia cadangan makanan atau endosperma yang telah terbungkus oleh suatu lapisan pelindung.

Spermatophyta adalah anggota dari kingdom plantae sejati yang akan menghasilkan biji untuk proses perkembangbiakannya. Adapun alat perkembangbiakannya tersebut sudah tampak jelas dan bisa untuk diamati sehingga hal itu disebut sebagai Phanerogamae. Jenis tumbuhan spermatophyta atau tumbuhan berbiji ini mempunyai arti yang sangat penting untuk setiap organisme lain yang ada di muka bumi. Sebab, hampir sebagian dari bahan makanan untuk manusia dan juga hewan itu berasal dari jenis tumbuhan yang berbiji atau spermatophyta.

Kali ini yang akan saya bahas adalah tentang ciri ciri dari tumbuhan berbiji atau tumbuhan spermatophyta. Jika anda sedang mencari tahu tentang ciri ciri tumbuhan tersebut, maka sudah sangat tepat jika anda membuka blog yang satu ini dan menyimak postingan ini dengan seksama. Sebab disitu akan anda temukan jawabannya.

Tumbuhan spermatophyta

Pada umumnya jenis tumbuhan spermatophyta itu memiliki sifat fotoautotrof sebab jenis tumbuhan ini mempunyai zat klorofil yang dapat berguna untuk proses fotosintesis. Misalnya saja Eucalyptus sp dan juga Aster sp. Akan tetapi, ada pula jenis tumbuhan spermatophyta yang tidak mempunyai zat klorofil sehingga tumbuhan itu akan hidup sebagai sebuah parasit pada tumbuhan yang lainnya guna mendapatkan zat organik, contohnya dari tumbuhan spermatophyta yang tidak memiliki zat klorofil adalah Cuscuta sp atau tali putrid. Tumbuhan yang satu ini memiliki sifat sebagai parasit yang penuh.

Tumbuhan spermatophyta adalah jenis kelompok tumbuhan yang bisa untuk beradaptasi dengan baik pada lingkungan darat, walaupun ada juga jenis tumbuhan spermatophyta yang tumbuh pada lingkungan air. Contoh jenis tumbuhan spermatophyta yang bisa hidup di air, adalah tumbuhan teratai dan juga tumbuhan eceng gondok. Setelah anda mengetahui informasi tentang tumbuhan spermatophyta tersebut, sekarang waktunya anda untuk mengetahui tentang ciri ciri dari tumbuhan spermatophyta.

Ciri ciri spermatophyta

Tumbuhan spermatophyta memiliki ciri ciri tertentu yang bisa membedakan dengan jenis tumbuhan yang lainnya. Ciri ciri tumbuhan spermatophyta adalah sebagai berikut ini : 
  • Sudah mempunyai akar, mempunyai batang dan juga mempunyai daun sejati dan selain itu juga mempunyai berkas pengangkut sehingga tumbuhan ini termasuk dalam jenis kelompok tumbuhan tracheophyta.
  • Tubuh tumbuhan spermatophta berupa makroskopis yang memiliki ukuran bervariasi. Bisa berupa seperti semak, seperti perdu, seperti pohon, ataupun seperti liana.
  • Alat perkembangbiakan tumbuhan spermatophyta dapat dibedakan dengan jelas antara yang jantan dengan yang betina. Dan pada proses reproduksinya menghasilkan biji dan di dalam biji tersebut terdapat embrio.
  • Generasi saprofit tumbuhan spermatophyta berbentuk tumbuhan namun untuk generasi gametofitnya berbentuk bunga.
Rating: 4.5