http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 17 Oktober 2015

Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan Dan Hewan

Ciri-ciri khusus tumbuhan dan hewan – Kali ini saya masih akan membahas seputar tumbuhan dan juga hewan. Jika pada kesempatan yang lalu saya bahas tentang hewan dan juga tumbuhan yang langka dan hampir punah. Sekarang saya bahas tentang ciri ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan dan juga hewan. Telah kita semua ketahui, jika di dunia ini ada banyak sekali jenis tumbuhan dan juga hewan yang ada.

Sehubungan dengan jumlahnya yang sangatlah banyak, tidak mungkin bagi kita untuk mempelajarinya dengan mudah tanpa mengetahui ciri ciri khusus dari tumbuhan dan juga hewan tersebut. Nah, untuk itulah kenapa anda diwajibkan untuk belajar tentang ciri ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan dan juga hewan, hal ini hanya untuk mempermudah anda sekalian dalam mempelajari ilmu tentang hewan dan juga tumbuhan. Mengingat jumlahnya yang tidaklah sedikit.

Ciri ciri khusus tumbuhan

Sama seperti yang sudah saya katakana diatas, bahwa telah kita ketahui bersama jika di dunia ini terdapat banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup, untuk itu diperlukan adanya pengetahuan seputar ciri ciri khusus yang dimiliki oleh jenis tumbuhan tersebut. Hal ini untuk mempermudah anda sekalian dalam membedakan antara jenis tumbuhan yang satu dengan yang lainnya.

Mengingat jumlah dari tumbuhan yang ada di dunia ini tidaklah sedikit, untuk itu tidak mungkin juga bagi saya menyebutkan semua ciri ciri khusus tumbuhan yang ada di dunia ini. Berikut ini, hanya saja berikan beberapa contoh jenis tumbuhan dan juga ciri ciri khusus yang dimilikinya. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Tumbuhan mawar. Ciri ciri khusus tumbuhan mawar yang paling khas dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum adalah tumbuhan mawar memiliki batang yang berduri. Selain itu bunga mawar juga memiliki ciri lainnya yaitu memiliki akar tunggang atau akar tunggal.
  2. Tumbuhan putrid malu. Ciri ciri khusus tumbuhan putrid malu adalah apabila ia disentuh maka daunnya akan menutup. Selain itu tumbuhan putrid malu juga memiliki batang yang berduri kecil. 
  3. Tumbuhan rafflesia. Tumbuhan rafflesia lebih dikenal dengan istilah tumbuhan bunga bangkai, hal ini dikarenakan ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan rafflesia ini. Ciri ciri khusus tumbuhan rafflesia adalah memiliki bau yang sangat menyengat atau bau busuk.

Ciri ciri khusus hewan

Diatas telah disebutkan beberapa contoh ciri ciri khusus tumbuhan, untuk melengkapinya maka selanjutnya saya berikan beberapa contoh ciri ciri khusus yang dimiliki oleh hewan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Hewan kanguru. Ciri ciri khusus hewan kanguru adalah memiliki kantong pada bagian perutnya yang biasa ia gunakan untuk meletakan anaknya yang masih kecil.
  2. Hewan walang sangit. Ciri ciri khsusu hewan walang sangit adalah tubuhnya mengeluarkan bau yang sangat khas dan juga menyengat. 
  3. Hewan unta. Ciri ciri khusus hewan unta adalah hewan ini memiliki punuk yang ia gunakan untuk menampung cadangan air yang akan ia gunakan pada saat terjadi kekeringan atau kekurangan air.
Rating: 4.5