http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 03 September 2015

Tahap Perkembangan Janin Dan Manusia

Tahap perkembangan janin dan manusia – Saat ini saya masih akan bicara soal manusia yaitu tentang tahap perkembangan janin dan juga tahap perkembangan manusia. Dimana kita semua tahu, jika pada saat manusia belum terlahir ke dunia manusia itu hanya sebuah janin yang terdapat di dalam rahim seorang ibu, dimana janin itu menggantungkan dirinya pada seorang ibu. Bagaimanakah proses perkembangannya? Langsung saja yuk kita simak penjelasannya.

Tahap perkembangan janin

Tahap perkembangan janin yang ada di dalam rahim setiap wanita yang sedang mengandung itu dapat dilihat dari bulan ke bulan. Tahapan tahapan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Tahap perkembangan janin di bulan yang pertama adalah dimulai dari terbentuknya sebuah kantung kehamilan yang akan berfungsi untuk dapat melindungi janin dari air ketuban. Di bulan yang pertama ini, akan terbentuk sebuah plasenta yang akan berfungsi untuk menyalurkan makanan ataupun menyalurkan nutrisi dari tubuh ibu ke janinnya, demi menjaga kelangsungan janin yang ada di dalamnya. Di bulan pertama juga sudah terjadi suatu sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh janin itu.
  • Pada tahap perkembangan janin di bulan kedua, yaitu janin mulai berkembang dan mulai membentuk wajah. struktur dari telinga juga sudah mulai nampak seperti suatu lipatan yang ada pada bagian sebelah kanan dan kiri kepala.selain itu, mulai nampak pula struktur lengan, kaki, dan juga struktur jari jemari. Sistem syaraf pusat janin atau otak janin, dan juga syaraf tulang belakang serta sebuah saluran pencernaan juga sudah mulai terbentuk pada usia kandungan di bulan yang ke 2. 
  • Tahap perkembangan janin bulan ketiga yaitu ditunjukan dengan sebuah tahap yang hampir sempurna yaitu hampir semua organ bagian tubuh terbentuk. 
  • Tahapan perkembangan janin di bulan yang ke empat ini sudah menunjukan suatu keadaan yang semakin lengkap. Yaitu again bagian dari tubuh bayi yang meliputi wajah , tangan, kaki, dan juga jari jari sudah bisa dilihat dengan sangat jelas 
  • Tahap perkembangan di bulan ke lima janin mulai melakukan gerakan yang sudah mulai bisa dirasakan oleh seorang ibu. Di bulan ke lima ini kepala janin sudah mulai ditumbuhi oleh rambut halus, begitu juga dengan bagian tangan dan juga kakinya. Semua kulit bayi itu akan mulai tertutup lapisan putih yang fungsinya adalah untuk melindungi bayi dari cairan ketuban secara langsung pada saat dilahirkan. 
  • Pada bulan ke enam, keriput kulit sudah terbentuk. Namun pembuluh darah janin masih dapat terlihat sebab kulitnya masih sangat tipis, apalagi pada bagian sekitar perut. Di bulan ini bayi sudah bisa membuka sekaligus menutup kelopak matanya, selain itu janin juga sudah bisa untuk mendengarkan suara suara yang ada di luar perut. 
  • Pada bulan ke tujuh, Janin sudah bisa untuk merespon suara yang didengar dari luar perut. Janin juga sudah bisa merasakan adanya suatu cahaya.
  • Pada bulan ke delapan organ bayi sudah dapat berfungsi dengan sempurna, semua bagian tubuh juga sudah terbentuk dengan sempurna, selain itu di bulan yang ke delapan ini posisi kepala bayi sudah berada di bagian bawah sperti posisi saat akan lahir 
  • Pada bulan ke Sembilan janin sudah sempurna tinggal menunggu saat saat untuk dilahirkan

Tahap perkembangan manusia 

Tahap perkembangan manusia, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa awal mula terjadinya manusia itu adalah pada saat terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma yang terjadi di saluran tuba falopi. Tahap perkembangan manusia itu ada dua tahap yaitu tahap pra kehamilan dan tahap pasca kehamilan. Perkemabangan manusia dimulai dari awal kandungan hingga janin itu terlahir dan disebut dengan bayi, dan seiring dengan berjalannya waktu bayi itu akan mengalami perkembangan menjadi seorang anak anak, lalu menjadi remaja dan kemudian dewasa setelah itu berkembang menjadi tua dan lansia. Itu adalah tahap perkembangan yang terjadi pada manusia.
Rating: 4.5