http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 18 September 2015

Proses Dan Cara Mengatasi Terjadinya Pemanasan Global

Proses dan cara mengatasi terjadinya pemanasan global – Pada akhir akhir ini kita sering sekali mendengar istilah pemanasan global. Pemanasan global yaitu peningkatan suhu udara yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Pemanasan global lebih dikenal dengan istilah global warming. Pemanasan global alias global warming ini adalah merupakan salah satu dampak dari adanya peristiwa efek rumah kaca. 
 
Nah, setelah anda mengetahui pengertian dari pemanasan global itu sendiri, maka yang harus anda ketahui selanjutnya adalah tentang bagaimana proses terjadinya pemanasan global tersebut? Dan bagaimana pula cara untuk mengatasi pemanasan global itu? untuk mengetahui ke dua hal tersebut, maka anda harus menyisihkan sedikit waktu anda untuk membaca dan menyimak penjelasan postingan artikel yang satu ini.

Proses terjadinya pemanasan global

Proses terjadinya pemanasan global. Proses terjadinya peristiwa pemanasan global ini diawali dari adanya cahaya yang tapak dari matahari dan sebagian cahaya tersebut dikembalikan ke ruang angkasa dan sebagiannya lagi akan diserap oleh bumi di mana pantulan itu akan dikembalikan kembali dalam bentuk radiasi inframerah. Radiasi inframerah dari matahari tersebut kembali melalui bumi dan melalui atmosfer, sebab semakin banyak jumlah radiasi dari matahari tadi yang ada pada lapisan atmosfer bumi, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya lubang ozon.

Hampir sebagian lebih dari radiasi matahari itu diserap oleh bagian permukaan bumi dan akhirnya akan membuat bagian dari permukaan bumi tersebut menjadi lebih panas. Radiasi inframerah yang telah dipancarkan lagi oleh permukaan bumi akan diserap oleh gas CO2 pada atmosfer dan kemudian sebagiannya lagi akan dipancarkan ke ruang angkasa dan yang sebagiannya lagi akan dikembalikan ke pada atmosfer bumi. Nah, gas CO2 yang telah kembali ke atmosfer bumi tersebutlah yang disebut dengan peristiwa pemanasan global alias global warming.

Global warming atau pemanasan global itu dapat memberikan dampak atau pengaruh yang sangat negative terhadap kehidupan di muka bumi ini, maka dari itu peristiwa pemanasan global tersebut, harus segera diatasi. Untuk mengatasi terjadinya pemanasan global tersebut diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk penjelasannya ada di bawah ini.

Cara mengatasi pemanasan global

Cara mengatasi pemanasan global, untuk dapat mengatasi adanya pemanasan global maka harus dilakukan beberapa langkah seperti yang telah saya katakana tadi di atas. Langkah langkah tersebut diantaranya adalah:
  • Melakukan reboisasi hutan. Dengan adanya reboisasi hutan maka gas karbon dioksida yang ada pada atmosfer tersebut akan diserap oleh adanya tanaman yang ada pada hutan tersebut.
  • Menukar bahan bakar minyak bumi atau fosil dengan bahan bakar baku tumbuhan ataupun bahan bakar baku biogas. 
  • Dengan cara melakukan kegiatan konservasi energy atau penghematan energy. 
  • Dengan cara memperbarui teknologi energy untuk mengurangi efek dari rumah kaca.
Rating: 4.5