http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 05 September 2015

Perkembangan Janin Dalam Rahim

Perkembangan janin dalam rahim – Proses perkembangan yang terjadi pada setiap manusia itu dapat dibagi menjadi dua fase, yaitu fase sebelum lahir dan juga fase setelah bayi itu dilahirkan. Yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah fase sebelum bayi dilahirkan yaitu perkembangan janin dalam rahim. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika awal mula kehidupan setiap manusia itu berada di dalam rahim seorang ibu. Pada awalnya manusia itu hanya sebuah janin yang menggantungkan kehidupannya pada seorang ibu. Bagaimankah proses perkembangan janin di dalam rahim seoarng ibu atau seorang wanita? Langsung saja yuk kita simak penjelasannya.

Perkembangan janin

Janin yang ada di dalam rahim seorang wanita atau seorang ibu itu berawal dari adanya sebuah proses pembuahan yaitu sebuah proses pertemuan antara sel telur dengan sel sperma yang kemudian sel telur tersebut dibuahi oleh sel sperma. Perkembangan janin yang ada di dalam rahim seorang ibu atau wanita itu akan dimulai dari proses pembuahan tersebut. Dari hasil pembuahan tersebut akan menghasilkan zigot. Zigot ini dihasilkan dari sebuah proses pembuahan dimana sel sperma akan mulai meleburkan diri ke dalam inti sel telur dan melakukan sebuah pembelahan sel dari satu sel menjadi dua sel kemudian empat sel dan seterusnya.
 
Zigot ini akan terus melakukan pembelahan diri untuk menuju perkebangan dari sebuah zigot menjadi sebuah embrio. Zigot yang telah berkembang menjadi embrio kemudian akan berkembang lagi menjadi sebuah janin yang terdapat di dalam rahim seorang wanita atau ibu. Nah, perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim inilah yang akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah ini. Sesuai dengan yang sudah saya katakana diatas, jika saat ini saya akan membahas tentang perkembangan janin dalam rahim.

Perkembangan janin dalam rahim

Perkembangan janin dalam rahim itu dimuali dari adanya sebuah proses pembuahan sampai pada waktu proses kelahiran atau sampai pada saat janin itu dilahirkan menjadi seorang bayi. Hal itu sama seperti penjelasan saya yang ada diatas. Perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim itu dibagi menjadi tiga buah tahapan yaitu : 
  1. Trimester Pertama. Tahap ini adalah tahap tiga bulan pertama masa kehamilan, yang dimulai dari adanya proses pembuahan. Pada tahapan ini embrio mengalami perkembangan hingga berubah menjadi janin. Pada tahap ini janin sudah mulai sedikit berbentuk seperti seorang manusia namun ukuran kepalanya lebih besar dari pada ukuran tubuhnya. Pada masa masa akhir tahap ini, janin sudah bisa untuk menggerakkan bagian tangan dan juga kakinya.
  2. Trimester Kedua. Tahapan tiga bulanyang kedua, pada tahap ini perkembangan janin sudah semakin maju, bentuk janin sudah mulai terlihat sempurna. Bagian tangan dan juga kakinya mengalami perkembangan yaitu terbentuknya jari jari dari tangan dan juga kaki. Muka nya pun sudah mulai terlihat jelas. Pada tahapan ini, gerakan janin sudah mulai kencang selain itu detak jantung janin juga sudah berfungsi sehingga sudah bisa dideteksi oleh alat. 
  3. Trimester Ketiga. Tahapan tiga bulan selanjutnya termasuk tahapan terakhir. Pada tahapan ini proses perkembangan janin dapat dilihat dari segi ukuran, berat dan juga panjang janin mengalami perkembang yang sangat cepat. Pada tahapan ini janin sudah berkembang dengan sempurna, sebab bentuk janin sudah seperti bentuk dari tubuh bayi pada umumnya. Pada masa ini tinggal menunggu kapan waktu bayi akan dilahirkan.
Rating: 4.5