http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 14 September 2015

Pengertian Dan Penyebab Rumah Kaca

Pengertian dan penyebab rumah kaca – Akhir akhir ini kita pasti sering sekali mendengar istilah rumah kaca. Tahukah anda apa sebetulnya yang dimaksud dengan rumah kaca? Pada postingan artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang pengertian rumah kaca. Terjadinya peristiwa rumah kaca tersebut bukan terjadi begitu saja tanpa adanya penyebabnya. 
 
Jika anda menyimak postingan artikel saya yang satu ini, maka anda akan mengetahui tentang pengertian dari rumah kaca dan disertai dengan penyebab terjadinya rumah kaca. Untuk menghemat waktu, maka itu langsung saja, akan saya bahas tentang kedua hal tersebut diatas.

Pengertian efek rumah kaca

Pengertian efek rumah kaca adalah suatu peristiwa yang bersifat alamiah hal ini terjadi karena adanya akibat pantulan yang sangat panas pada dalam rumah kaca hal ini sering digunakan oleh para petani untuk menanam sayuran di musim dingin khususnya pada suatu negara yang telah mengenal empat buah musim. Peristiwa rumah kaca yaitu suatu keadaan dimana sinar matahari akan masuk ke dalam rumah kaca guna membantu terjadinya proses asimilasi itu.

Sisa panas yang dihasilkan dari energi matahari tersebut seharusnya segera untuk dikeluarkan ke atmosfer, lalu panasnya dipantulkan kembali oleh bilik kaca serta oleh atap kaca sehingga akan menghasilkan suhu udara yang ada di dalam bilik kaca atau suatu ruangan tersebut menjadi naik dan menghasilkan suasana yang hangat. Pantulan energi panas kembali ke ruangan yang akan menjadikan suatu suhu yang ada dalam ruangan itu menjadi hangat. Nah peristiwa inilah yang disebut dengan peristiwa efek rumah kaca. Seperti yang sudah saya katakana diatas, anda mungkin sudah sering sekali mendengar istilah rumah kaca akhir akhir ini, hal ini terjadi karena banyaknya penyebab. Pada uraian dibawah ini, akan saya jelaskan mengenai penyebab terjadinya rumah kaca.

Penyebab efek rumah kaca

Diatas sudah saya katakana bahwa terjadinya peristiwa rumah kaca itu bukan tanpa sebab, namun ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan terjadinya peristiwa tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab efek rumah kaca, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Adanya hutan gundul. Hutan gundul dapat memicu terjadinya peningkatan dari jumlah karbon dioksida pada atmosfer. Dengan gundulnya hutan maka tidak ada tumbuhan yang dapat untuk menyerap karbondioksida yang akan digunakan pada saat proses fotosintesis. Biasanya hal ini dipengaruhi karena adanya kebutuhan pembuatan rumah, kantor ataupun yang lainnya.
  • Bahan bakar fosil. Gas pada rumah kaca itu akan bisa dilepaskan ke atmosfer sebab pembakaran dari bahan bakar pada fosil misalnya minyak, gas dan batubara.Gas yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar fosil tersebut akan berkontribusi pada penambahan gas rumah kaca dan akhirnya dapat memicu terjadinya pemanasan global. 
  • Pertumbuhan penduduk. Adanya pertambahan penduduk hal ini mengakibatkan adanya penambahan jumlah populasi dan juga jumlah berbagai kebutuhan. Kebutuhan tersebut sebagian besar adalah dihasilkan dari adanya suatu produksi. Proses produksi tersebut dapat meningkatkan adanya pelepasan gas industri yang mengakibatkan terjadinya efek rumah kaca.
Rating: 4.5