http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 16 September 2015

Pengertian Dan Dampak Pemanasan Global

Pengertian dan dampak pemanasan global – Bicara masalah pemanasan global itu terkait dengan alam. Pemanasan global atau biasa juga disebut dengan istilah global warming, itu memang sering terjadi. Dan peristiwa ini sangat mempengaruhi kehidupan di dunia ini termasuk pada manusia hewan dan juga tumbuhan. 
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang global warming atau pemanasan global. Yang akan saya bahas adalah tentang pengertian dan juga dampak dari adanya global warming atau pemanasan global. Yuk sama sama kita simak agar kita bisa lebih paham tentang global warming atau pemanasan global.

Pengertian pemanasan global

Pengertian pemanasan global atau global warming. Ada banyak para ahli yang mendefinisikan tentang global warming atau pemanasan global. Secara umum pengertian pemanasan global adalah suatu peristiwa meningkatnya suhu rata rata pada sebuah lapisan atmosfer dan pada permukaan bumi. Berdasarkan dari hasil berbagai penelitian yang telah dilakukan, pada saat sekarang suhu yang terjadi pada permukaan bumi itu sudah menunjukkan pada suatu peningkatan yang sangatlah drastis yaitu kira kira sekitar 0,6°C yang sudah terjadi pada satu abad yang terakhir ini.

Peningkatan suhu yang bisa dibilang atau bisa dikategorikan kecil, akan tetapi dampaknya sangatlah besar. Dampak dari pemanasan global sangat mempengaruhi pada kehidupan di bumi ini. Dampak dari pemanasan global atau global warming tersebut, akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah ini.

Dampak pemanasan global

Pemanasan global atau global warming itu dapat memberikan beberapa dampak yang sangat serius terhadap suatu kehidupan yang terjadi di permukaan bumi. Dampak pemanasan global atau global warming salah satunya adalah terjadinya perubahan cuaca. Adanya suatu peristiwa meningkatnya suhu pada permukaan bumi yang terjadi pada kurun waktu satu abad yang terakhir ini sudah dapat mengakibatkan terjadinya perubahan cuaca dan juga iklim di beberapa wilayah yang ada di muka bumi ini. Dampak dari pemanasan global terhadap terjadinya perubahan cuaca tersebut diantaranya adalah...
  • Gunung gunung es akan segera mencair, dan terjadi lebih sedikit jumlah es yang mengapung pada laut
  • Pada daerah subtropis, di wilayah pegunungan yang tertutup oleh salju akan jauh menjadi semakin sedikit dan juga salju yang ada akan lebih cepat untuk mencair. Melelehnya es yang ada pada puncak gunung Jayawijaya di Papua, itu merupakan salah satu bentuk fenomena yang menandakan terjadinya pemanasan global atau global warming di Negara Indonesia. 
  • Air tanah akan jauh lebih cepat untuk menguap sehingga hal ini akan mengakibatkan terjadinya kekeringan. 
  • Adanya angin yang jauh lebih kencang dengan pola yang berbeda sehingga hal ini akan menyebabkan terjadinya peristiwa angin puting beliung. 
  • Meningkatnya curah hujan yang cukup tinggi dan sering terjadi badai pada tempat tempat tertentu. Baca: Perbedaan Cuaca dan Iklim
Rating: 4.5