http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 07 September 2015

Macam Macam Jenis Enzim Dan Fungsinya

Macam macam jenis enzim dan fungsinya – Pada kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai macam macam jenis enzim dan fungsinya. Ada begitu banyak macam jenis enzim yang sangat berfungsi dalam setiap organ tubuh manusia. Enzim dapat berfungsi untuk membantu proses pencernaan, dan juga membantu organ tubuh yang lainnya. Sebelum saya bahas tentang macam macam jenis enzim dan fungsinya, pertama tama saya akan membahas tentang pengertian enzim terlebih dahulu. enzim adalah suatu molekul berprotein yang terbuat dari seluruh rantai asam amino. Dan enzim tersebut telah diproduksi oleh setiap organisme yang hidup. Itulah sebabnya mengapa pada saat tubuh kita kekurangan enzim, maka akan mempengaruhi fungsi yang ada pada tubuh dan hal itu dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang akibatnya adalah kondisi tubuh akan menurun. Selanjutnya saya akan bahas tentang macam macam enzim.

Macam macam enzim

Diatas sudah saya katakan bahwa sebetulnya ada banyak sekali macam macam enzim yang terdapat atau terkandung dalam tubuh kita. Dari sekian banyak macam macam enzim itu semua memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh yang dimiliki. Diatas juga telah saya katakana jika tubuh mengalami kekurangan enzim, maka hal itu akan membuat tubuh menjadi tidak stabil dan hasilnya adalah kondisi tubuh akan menurun. Fungsi tubuh tidak dapat berjalan dengan baik dan dengan sebagaimana mestinya. Mengenai macam macam enzim akan dibahas lagi pada uraian berikut.

Jenis jenis enzim dan fungsinya

Macam jenis jenis enzim dan fungsinya itu ada banyak sekali seperti yang sudah saya katakana pada keterangan yang ada diatas. Ada tiga buah jenis dan juga penggunaan enzim yang dapat menjaga organisme yang hidup yaitu enzim metabolik, enzim makanan, dan enzim pencernaan. Dan yang akan saya share kali ini adalah jenis jenis enzim yang ada pada proses pencernaan manusia. Jenis jenis enzim tersebut adalah sebagai berikut : 
  • Enzim ptyalin. Enzim ini adalah enzim pencernaan yang dapat berfungsi untuk merubah amilum menjadi zat maltosa
  • Enzim renin adalah jenis enzim pencernaan yang dapat berfungsi untuk merubah zat kasionogen menjadi kasein atau protein susu dan juga untuk mengendapkan kasein pada susu 
  • Enzim pepsin adalah enzim pencernaan yang dapat berfungsi untuk merubah zat protein menjadi pepton
  • Enzim lipase gastrik adalah enzim pencernaan yang dapat berfungsi untuk merubah zat trigliserida menjadi asam lemak
Enzim enzim tersebut adalah jenis jenis enzim yang membantu proses pencernaan pada manusia. Selain enzim tersebut yang telah saya sebutkan diatas, sebetulnya masih banyak lagi jenis jenis enzim yang lainnya yang juga tidak kalah penting fungsinya untuk tubuh. Mengenai jenis jenis enzim yang lainnya mungkin akan saya bahas lagi pada kesempatan yang akan datang.
Rating: 4.5