http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 06 September 2015

Fungsi Enzim Lipase Dalam Metabolisme

Fungsi enzim lipase dalam metabolisme – Bicara masalah enzim mungkin sudah tidak asing lagi buat anda sekalian, sebab enzim adalah materi yang sudah pasti dibahas dalam ilmu biologi. Enzim erat hubungannya dengan makhluk hidup. Yang akan saya bahas kali ini adalah fungsi enzim lipase dalam metabolisme. 
 
Hampir semua proses pada metabolisme tubuh makhluk hidup itu dirawat oleh enzim yang ikut serta membantu dalam mengatasi pemecahan makanan yang masuk dalam tubuh. Salah satu jenis enzim yang utama digunakan untuk sebagai pemecah lemak yang ada dalam makanan yaitu enzim lipase. Enzim lipase adalah enzim yang diproduksi oleh organ mulut, organ lambung dan juga oleh pankreas. Fungsi dari pada enzim lipase akan dijelaskan pada uraian di bawah.

Fungsi enzim lipase

Saya sudah katakana diatas bahwa enzim lipase adalah enzim yang dihasilkan oleh organ mulut, organ lambung dan juga organ pankreas. Fungsi enzim lipase adalah sebagai berikut :
  • Fungsi yang paling utama dari enzim lipase yaitu berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak dan juga lipid yang terkandung di dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sangat berguna dalam mempertahankan fungsi sehat pada kantong empedu.
  • Enzim lipase berfungsi untuk mengontrol tentang tingkat sintesis pada lemak. Dengan begitu akan dapat untuk menjaga jaringan adiposa. Jumlah yang sangat tepat dari bantuan lipase untuk membakar semua cadangan lemak yang ikut dibakar sebagai salah satu bahan bakar, jika memang hal itu dibutuhkan. 
  • Enzim lipase berfungsi untuk membantu memecahkan zat lipoprotein densitas yang rendah dengan menggunakan apolipoprotein sebagai sebuah kofaktor. 
  • Enzim lipase juga berfungsi untuk membantu menjaga permeabilitas sel agar optimal, sehingga dapat memungkinkan jika nutrisi yang dibutuhkan agar masuk dalam sel guna memperlancar suatu metabolisme.
Enzim lipase adalah enzim yang unik. Dikatakan sebagai enzim unik karena fungsinya itu yang dapat memecahkan suatu lemak jenuh, tanpa harus merusak jenis vitamin yang terkandung pada tersebut. Jika kadar enzim lipase yang terdapat dalam tubuh itu rendah, tubuh mungkin akan mengalah pada tingkat tinggi seperti pada kolesterol, demam, kadar gula tinggi dalam urin, diabetes, batu empedu, dan pada jenis penyakit prostat serta masalah pada kandung kemih.

Fungsi enzim dalam metabolisme

Jika ditinjau secara umum, fungsi enzim dalam metabolisme adalah sebagai biokatalisator yaitu suatu zat yang berfungsi untuk mempengaruhi dan juga untuk mempercepat berlangsungnya suatu kejadian reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh setiap organisme atau sel hidup, baik itu pada suatu reaksi reaksi dalam penguraian molekul yang kompleks untuk berubah menjadi molekul molekul yang sederhana ataupun dalam penyusunan senyawa senyawa yang kompleks dari molekul yang sederhana.
Rating: 4.5