http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 01 September 2015

Fase Embrionik Dan Perkembangan Manusia

Fase embrionik dan perkembangan manusia – Terciptanya manusia itu dimulai dari adanya proses pembuahan antara sel sperma dan sel telur di dalam ovarium. Setelah terjadinya pembuahan itu maka terjadilah kehamilan pada seorang wanita. Dalam kehamilan itu ada fase fase yang harus dilewati, salah satunya adalah fase embrionik. Setelah masa kehamilan akan melewati fase pasca kehamilan yaitu fase setelah lahir. Nah, saat ini saya akan bahas tentang fase embrionik dan juga fase perkembangan manusia. Langsung saja yuk kita simak bersama sama.

Fase embrionik

Fase Embrionik adalah suatu fase pertumbuhan dan juga perkembangan setiap makhluk hidup selama masih pada masa embrio atau masa dalam kandungan yang diawali dari adanya suatu peristiwa fertilisasi sampai kemudian terbentuknya sebuah janin yang ada di dalam rahim seorang wanita. Fase fertilisasi ini merpakan suatu masa dimana terjadi pertemuan sel sperma dengan sel telur atau ovum yang kemudian akan menghasilkan zygote. Lalu zygote itu akan melakukan pembelahan sel. Tahapan fase embrionik ada lima yaitu :
  1. Morula. Morula yaitu proses pembentukan sel seperti sebuah bola yang bulat. Hal ini adalah akibat dari adanya pembelahan sel yang dilakukan secara terus menerus. Keberadaan sel antara satu dengan lainnya itu rapat.
  2. Blastula. Blastula yaitu sebuah prose pembentukan lanjutan dari fase morula yang akan terus mengalami pembelahan. Bentuk dari blastula itu sendiri ditandai dari mulai adanya suatu perubahan sel dalam mengadakan pelekukan yang dilakukan secara tidak beraturan. pada blastula itu sendiri mengandung cairan sel yang dikenal dengan cairan blastosoel. 
  3. Gastrula. Grastula yaitu proses pembentukan lanjutan dari fase blastula. Pada fase ini pelekukan sudah nampak nyata jelas dan memiliki lapisan pada dinding tubuh embrio yang disertai dengan adanya rongga tubuh.
  4. Organogenesis. Organogenesis yaitu suatu proses terbentuknya organ organ yang ada pada tubuh setiap makhluk hidup (manusia). Organ yang akan dibentuk ini asalnya adalah dari setiap masing masing jenis lapisan dinding pada tubuh embrio yang ada pada fase gastrula.
  5. Imbas embrionik yaitu suatu pengaruh dari adanya dua lapisan dinding pada tubuh embrio dalam proses pembentukan organ tubuh yang ada pada manusia secara utuh dan sempurna.

Fase perkembangan manusia

Fase perkembangan manusia jika ditinjau secara umum itu dapat dibagi menjadi lima buah tahapan, yaitu:
  1. Bayi
  2. Anak anak 
  3. Remaja 
  4. Dewasa dan 
  5. Lansia.
Setiap tahapan atau fase perkembangan manusia itu senantiasa akan berlangsung seiring dengan adanya kegiatan belajar. Tugas dari setiap fase yang akanmuncul pada proses perkembangan, itu adalah suatu keharusan universal yang idealnya akan berlaku secara otomatis, seperti halnya kegiatan belajar akan dilakukan secara otomatis seiring dengan berjalannya kelima buah tahapan yang terdapat didalam fase perkembangan manusia.
Rating: 4.5