http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 17 Juni 2015

Perbedaan Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan – Setiap makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan pasti dalam tubuhnya tersusun dari beberapa organel sel yang membantu menjalankan aktivitas hidupnya. Organel sel yang terdapat pada tubuh hewan berbeda dengan organel sel yang terdapat pada tubuh tumbuhan. Perbedaan tersebut yang akan dibahas lebih dalam lagi pada postingan kali ini. Sudah tahukah anda perbedaan dari organel sel hewan dengan organel sel tumbuhan?

Ada beberapa organel sel yang berbeda pada hewan dan tumbuhan, salah satu organel tersebut adalah dinding sel. Dalam sel tumbuhan terdapat dinding sel sedangkan didalam tubuh hewan tidak terdapat dinding sel yang berfungdi untuk melindungi sel sel yang lainnya. Selain dinding sel masih banyak lagi organel lain yang berbeda antara sel hewan dengan sel tumbuhan. Perbedaan tersebut akan dibahas pada penjelasan berikut, simak dan cermati baik baik supaya ilmu anda tentang organel sel dapat bertambah dan mudah mudahan sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan

Perbedaan organel sel hewan dan sel tumbuhan yang paling gampang untuk di amati adalah jika dilihat dari segi ukuran. Jika dilihat dari segi ukuran
organel sel hewan memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan organel sel tumbuhan. Organel sel yang dimiliki oleh tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu juga memiliki bentuk yang tetap dan kaku serta dilindungi oleh dinding sel, tidak seperti bentuk organel sel hewan, organel sel hewan tidak mendapat perlindungan dari dinding sel selain itu bentuknya juga tidak tetap dan tidak kaku.

Perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan yang lainnya dapat dilihat dari vakuolanya. Vakuola yang dimiliki oleh sel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan, karena sel tumbuhan memiliki vakuola yang lebih besar. Selain itu kebanyakan dari jenis hewan yang ada di dunia ini juga tidak memiliki vakuola, hanya beberapa hewan saja yang memiliki vakuola didalam tubuhnya.
Organel sel hewan dan tumbuhan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap makhluk hidup memiliki organel sel yang tersusun didalam tubuhnya termasuk pada hewan dan juga tumbuhan. Hewan dan juga tumbuhan tersusun atas beberapa organel sel yang membantu melakukan aktivitas hidupnya. Organel sel hewan dan tumbuhan tersebut sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup setiap makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan.

Organel sel yang terdapat dalam tubuh tumbuhan salah satunya adalah dinding sel. Dinding sel yang terdapat dalam tubuh tumbuhan memiliki fungsi untuk melindungi sel sel lain yang terdapat dalam sel tumbuhan. Selain itu dinding sel juga berfungsi untuk mengkordinasi proses metabolism yang terjadi pada tumbuhan. Adapun organel sel yang terdapat pada tubuh hewan salah satunya adalah mitokondria. Mitokondria yang terdapat pada tubuh hewan memiliki jumlah yang lebih banyak dari pada yang dimiliki oleh tumbuhan.


Rating: 4.5