http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 11 Juni 2015

Pengertian Hewan Invertebrata Dan Hewan Mamalia

Pengertian hewan invertebrata dan hewan mamalia – Hewan adalah salah satu bentuk makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar. Hewan disebut juga dengan istilah binatang atau fauna. Hewan adalah jenis organisme yang dikelompokan kedalam jenis metazoa atau animalia. Jika dilihat secara lebih luas sebenarnya ada banyak sekali jenis hewan yang ada di alam semesta ini.

Dari jenis jenis hewan yang ada di alam semesta ini, ada jenis hewan yang khusus akan dibahas pada postingan kali ini. Jenis hewan tersebut yaitu hewan invertebrata dan juga hewan mamalia. Apa pengertian dari hewan invertebrata dan pengertian dari hewan mamalia? Anda akan mengetahui pengertian hewan invertebrata dan juga pengertian dari hewan mamalia, jika anda menyimak dan juga mempelajari postingan artikel yang satu ini.

Pengertian hewan invertebrata

Hewan jika ditinjau dari segi tulang belakang, hewan dibagi menjadi dua salah satunya adalah hewan invertebrata. Adapaun pengertian hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang pada tubuhnya. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh hewan invertebrata adalah tidak memiliki tulang belakang atau tulang punggung. Adapaun ciri lain dari hewan invertebrata adalah jenis hewan ini memiliki dua buah jaringan yang sama dan juga saling membutuhkan. Kedua buah jaringan tersebut adalah jaringan otot dan juga jaringan saraf.

Cumi cumi dan juga cacing adalah contoh dari hewan invertebrata. Kedua hewan tersebut masuk dalam satu jenis hewan invertebrata, meskipun jika dilihat dari habitatnya kedua hewan tersebut memiliki perbedaan yang sangat nampak yaitu cumi cumi berhabitat di lautan sedangkan cacing berhabitat didalam tanah. namun, kedua hewan tersebut jika diteliti tidak memiliki tulang punggung pada tubuhnya, maka dari itu kedua hewan ini dimasukan kedalam satu jenis yang sama yaitu hewan invertebrata.

Pengertian hewan mamalia

Salah satu jenis hewan yang ada di alam semesta ini adalah hewan mamalia. Pengertian hewan mamalia adalah hewan yang menyusui. Hewan mamalia dikenal dengan hewan yang menyusui, karena didalam tubuh hewan ini terdapat kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anak anaknya. Susu tersebut merupakan salah satu sumber energi bagi anak anaknya. Hewan yang termasuk dalam jenis hewan mamalia juga masuk dalam jenis hewan vertebrata, karena kebanyakan dari jenis hewan mamalia memiliki tulang belakang yang terdapat didalam tubuhnya.

Kebanyakan dari jenis hewan mamalia melakukan perkembangbiakan dengan cara beranak, meskipun ada juga yang berkembangbiak dengan cara bertelur, namun mayoritas dari hewan mamalia berkembangbiak dengan cara beranak. Ciri yang paling gampang diingat untuk mengetahui hewan mamalia adalah hewan mamalia memiliki cuping telinga atau daun telinga. Salah satu contoh hewan mamalia yang kerap kali kita lihat dalam lingkungan sekitar adalah sapi.
Rating: 4.5