http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 12 Juni 2015

Pengertian Dan Perbedaan Dari Sel Prokariotik Dan Eukariotik

Pengertian dan perbedaan dari sel prokariotik dan eukariotik – Sel adalah sesuatu yang pasti ada didalam tubuh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sel sel yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup itu berbeda beda antara makhluk hidup dari jenis hewan, jenis tumbuhan, maupun manusia. Jika kita membahas tentang sel, kita harus tau bahwa sel ada dua macam yaitu sel prokariotik dan juga sel eukariotik.

Adapun pengertian dari sel prokariotik dan juga sel eukariotik serta perbedaan dari sel prokariotik dan sel eukariotik akan dijelaskan secara lebih lanjut pada penjelasan yang ada di bawah ini, jika anda ingin mengetahui tentang pengertian sekaligus perbedaan dari sel prokariotik dan sel eukariotik maka anda harus menyimak dan membaca baik baik postingan kali ini, supaya anda bisa mengetahui tentang pengertian dan perbedaan dari sel prokariotik dan eukariotik. Supaya lebih jelas, yuk sama sama kita pelajari penjelasan berikut.

Pengertian sel prokariotik dan eukariotik

Diatas telah disebutkan bahwa materi artikel yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah pengertian dan perbedaan dari sel prokariotik dan sel eukariotik. Adapun pengertian sel prokariotik dan eukariotik adalah sebagai berikut. Pengertian dari sel prokariotik itu sendiri adalah sebuah sel yang tidak mempunyai membran inti atau jika dijelaskan secara lebih dalam sel prokariotik merupakan suatu sel yang tidak mempunyai sistem endomembran, hal ini membuat sel tersebut mempunyai materi inti sehingga tidak dibatasi oleh membran, sel prokariotik juga tidak mempunyai organela yang terbatasi oleh sistem membran. Sedangkan Sel eukariotik adalah sel yang mempunyai membran inti. Atau lebih jelasnya adalah sel yang mempunyai sistem endomembran. Sel eukariotik dibatasi oleh adanya sistem membrane.

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik

Jika bicara masalah perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, perbedaan tersebut sudah nampak jelas dilihat dari segi pengertiannya saja kedua sel tersebut sudah nampak berbeda. Adapun perbedaan yang paling utama yang terdapat pada sel prokariotik dan sel eukariotik itu terdapat pada inti sel. Sel prokariotik tidak mempunyai membran didalam inti sel, sebaliknya dengan sel eukariotik. Sel eukariotik mempunyai membran didalam inti sel. Perbedaan yang lain dari sel prokariotik dan sel eukariotik juga terdapat pada struktur dan juga fungsinya. Struktur dan juga fungsi dari kedua jenis sel tersebut juga berbeda. Perbedaan tersebut dapat kita lihat dari :
Membran inti. Membran inti adalah perbedaan yang paling utama dari sel prokariotik dan juga sel eukariotik. Membran ini terdiri atas dua buah lapis lipid yaitu membran inti bagian luar dan juga membran inti bagian dalam.
Organela. Perbedaan dari sel eukariotik dan sel eukariotik yang lainnya dapat dilihat dari organela. Sel prokariotik tidak mempunyai organela sedangkan sel eukariotik mempunyai organela
Rating: 4.5