http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 09 Juni 2015

Klasifikasi Tumbuhan Paku Dan Rambutan

Klasifikasi tumbuhan paku dan rambutan – Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang ada di alam semesta ini, namun tumbuhan tidak dapt bergerak atau berpindah tempat seperti jenis makhluk hidup lain seperti manusia dan juga hewan. Namun ia masih termasuk dalam jenis makhluk hidup. Tumbuhan memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari jenis tingkat rendah sampai dengan jenis tumbuhan tingkat tinggi.

Banyaknya jenis tumbuhan yang hidup di alam semesta ini, membuat sangat sulit untuk dipelajari jika hal tersebut tidak dibagi atau dikelompokan berdasarkan atas jenis dan kelasnya masing masing, maka dari itu dengan adanya perkembangan zaman, dari semua jenis makhluk hidup yang ada di alam semesta ini dikelompokan atau dibagi berdasarkan jenis dan juga kelasnya masing masing. Pembagian tersebut dikenal dengan istilah klasifikasi.

Klasifikasi berlaku untuk semua jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini termasuk jenis tumbuhan. Klasifikasi merupakan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tentang sulitnya mempelajari jenis makhluk hidup yang ada didunia termasuk tumbuhan. Pembahasan kali ini ada hubungannya dengan klasifikasi pada tumbuhan yaitu tentang klasifikasi tumbuhan paku dan juga rambutan.

Klasifikasi tumbuhan paku

Anda mungkin sudah tahu bahwa klasifikasi adalah system atau cara yang dilakukan untuk mengelompokan atau mambagi jenis tumbuhan berdasarkan pada spesies dan kelasnya masing masing. Tujuan diadakannya pengelompokan atau pembagian berdasarkan spesiesnya atau yang disebut dengan klasifikasi ini adalah untuk memudahkan para pelajar atau pengkaji ilmu biologi dalam belajar tentang tumbuhan dan juga makhluk hidup lain seperti hewan.

Klasifikasi terjadi pada semua jenis tumbuhan yang hidup di ala mini, namun kali ini saya khususkan utnuk membahas tentang klasifikasi tumbuhan paku. Berikut adalah rincian dari klasifikasi tumbuhan paku :
Divisio : tumbuhan paku masuk dalam divisio lycopodiophyta
Kelas : tumbuhan paku masuk dalam kelas psilotopsida
Bangsa : tumbuhan paku masuk dalam bangsa ophioglossales
Suku : tumbuhan paku masuk dalam suku ophioglossaceae

Klasifikasi tumbuhan rambutan

Klasifikasi atau pengelompokan berdasarkan jenis dan kelasnya tidak hanya terjadi pad tumbuhan paku saja, melainkan hal ini juga berlaku untuk semua jenis tumbuhan yang ada dan hidup di alam semesta ini termasuk tumbuhan rambutan. Tumbuhan rambutan adalah sejenis tumbuhan buah. Tumbuhan ini dapat menghasilkan buah yang rasanya sangat enak, ciri dari buah tumbuhan ini adalah memiliki rambut yang terdapat pada kulitnya. Kulit buah rambutan saat sudah masak berwwarna merah dan buahnya memiliki rasa yang sangat manis. Rincian klasifikasi tumbuhan rambutan adalah sebagai berikut :

Kerajaan : tumbuhan rambutan masuk dalam kerajaan plantae
Ordo : tumbuhan rambutan masuk dalam ordo sapindales
Family : tumbuhan rambutan masuk dalam family sapindaceae
Genus : tumbuhan rambutan masuk dalam genus nephelium
Spesies : tumbuhan rambutan masuk dalam spesies N. lappaceum
Rating: 4.5